Jawa Pos

MENGINCAR NILAI A LAGI

-

LEEDS, Jawa Pos – Ibarat murid, Pep Guardiola hampir selalu mendapat ”nilai A” dari sang guru, Marcelo Bielsa. Tiga kali pertemuan melawan El Loco, julukan Marcelo Bielsa, Pep mencatat dua kali menang dan sekali seri.

Semua berlangsun­g di Spanyol pada musim 2011– 2012. Yakni, ketika Pep menjalani musim terakhirny­a bersama FC Barcelona dan Bielsa berstatus entrenador Athletic Bilbao. Pep menang dalam jornada ke-31 La Liga di Camp Nou (2-0) dan dalam final Copa del Rey (3-0). Sekali seri (2-2) dalam jornada ke-12 La Liga terjadi di San Mames.

Malam nanti, Pep kembali berkesempa­tan untuk beradu taktik dengan sang mentor. Di tim yang berbeda dan kompetisi berbeda pula. Di Elland Road, Pep bersama Manchester City bakal menantang Leeds United asuhan Bielsa (siaran langsung Mola TV/NET. pukul 23.30 WIB).

Sama seperti ketika di Spanyol, skuad Pep di atas kertas lebih baik ketimbang tim yang dimiliki Bielsa. Tapi, performa The Whites –sebutan Leeds United– sedang naik dengan memenangi dua matchweek terakhir setelah kalah oleh juara bertahan Liverpool FC dalam pertanding­an pertama (12/9). Berbanding terbalik dengan Pep yang kelemahan City tereksploi­tasi setelah dihancurka­n Leicester City 2-5 di kandang sendiri, Stadion Etihad, pekan lalu (27/9).

Meski demikian, kepada Sky Sports, Bielsa menyebut bahwa Pep bakal menunjukka­n permainan City yang sebenarnya malam nanti. ’’Dia (Pep) itu pelatih yang imajinatif. Dia pelatih yang selalu mampu secara instan menciptaka­n solusi dalam setiap masalah yang dia hadapi,’’ tutur pelatih dengan ciri khas duduk di ember saat mendamping­i tim asuhannya tersebut.

Pria 65 tahun asal Rosario, Argentina, itu menambahka­n, Pep tentu sudah menyiapkan antisipasi terhadap gaya permainan The Whites. Yakni, kecepatan dan build up serangan dari lini belakang. Bola-bola panjang yang langsung dilemparka­n ke lini pertahanan lawan dalam skema counteratt­ack cepat itu sudah menghasilk­an 8 gol.

Jurus yang bisa merepotkan City meski The Citizens memiliki bek baru Ruben Dias. Bek 23 tahun asal Portugal yang datang dari SL Benfica dengan biaya transfer GBP 62,1 juta (Rp 1,19 triliun) itu berpeluang menjalani debut. Pandit BBC Sport Ian Wright memiliki pendapat atas hal tersebut.

’’Jika berkaca dari laga sebelumnya, City dalam situasi yang rapuh dan Leeds bergerak seperti Godzilla. Saya penasaran dengan apa yang akan dilakukan Pep,’’ beber Wright.

Dalam pre-match press conference di Stadion Etihad tadi malam, Pep menyebut setiap pelatih yang berhadapan dengan Bielsa akan sangat beruntung secara pemahaman taktik. ”Levelnya (Bielsa) sudah jauh (di atas). Dia seperti hadiah terbesar bagi sepak bola Premier League,’’ kata pelatih yang musim ini menjadi musim kelimanya bersama City itu kepada

 ?? OLI SCARFF/POOL/AFP ??
OLI SCARFF/POOL/AFP
 ?? OLI SCARFF/POOL/AFP ?? UNBEATEN: Pep Guardiola tidak pernah terkalahka­n dalam tiga pertemuan sebelumnya menghadapi Marcelo Bielsa. Pertemuan keempat terjadi di Elland Road malam nanti (3/10).
OLI SCARFF/POOL/AFP UNBEATEN: Pep Guardiola tidak pernah terkalahka­n dalam tiga pertemuan sebelumnya menghadapi Marcelo Bielsa. Pertemuan keempat terjadi di Elland Road malam nanti (3/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia