Jawa Pos

Batal TC ke Turki

-

JAKARTA, Jawa Pos – Agenda timnas U-19, tampaknya, tidak akan berjalan sesuai rencana. Sebab, training camp (TC) lanjutan yang sejatinya akan berpindah negara dari Kroasia ke Turki dipastikan batal. Tidak adanya calon lawan uji tanding jadi alasan utama.

Hal itu dikatakan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Dia mengungkap­kan, awalnya rencana ke Turki memang sudah masuk agenda Garuda Muda. Sayang, seiring berjalanny­a waktu, calon lawan-lawan yang akan dihadapi dalam laga uji coba di Turki hingga saat ini belum memberikan kepastian. ’’PSSI akhirnya memutuskan timnas U-19 akan melanjutka­n TC di Kroasia,’’ ucapnya.

Calon lawan untuk uji coba sendiri sangat penting bagi perkembang­an para pemain. Alasan itu juga yang membuat PSSI memilih Eropa sebagai lokasi TC. PSSI berharap, dengan bertanding melawan lawan-lawan yang levelnya berada di atas timnas U-19, kemampuan para pemain bisa meningkat secara signifikan.

Nah, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menuturkan, pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa calon lawan untuk David Maulana dkk selama melanjutka­n TC di Kroasia Oktober ini. Calon lawan yang tentu levelnya tidak berbeda jauh dengan Bulgaria, Kroasia, Arab Saudi, Qatar, Bosnia-Herzegovin­a, dan Dinamo Zagreb. ’’Kami sudah mempersiap­kan calon lawan yang berkualita­s untuk timnas U-19,’’ paparnya.

Timnas U-19 memang mendapat hasil kurang baik selama TC di Kroasia. Dari serangkaia­n uji coba, anak asuh Shin Tae-yong itu hanya mampu menang sekali. Yakni, melawan Dinamo Zagreb.

Meski begitu, perkembang­an fisik pemain benar-benar terlihat. Shin Tae-yong sendiri menyebut anak asuhnya bisa bermain dengan baik selama 90 menit. Walau memang, belum sempurna betul, terutama masalah power ketika melakukan serangkaia­n umpan dan tendangan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia