Jawa Pos

Tunggu Kepastian, Persela Liburkan Latihan

-

LAMONGAN, Jawa Pos – Persela Lamongan berlatih sejak 1 September lalu. Itu dilakukan sebagai persiapan jelang lanjutan Liga 1 2020. Tapi, karena kompetisi ditunda, latihan akhirnya diliburkan.

Kemarin sore jadi latihan terakhir sebelum libur. ’’Jadi, sesuai kesepakata­n dari manajemen, pemain, dan pelatih, kami putuskan libur satu pekan,’’ kata Nil Maizar, pelatih Persela. Tim akan kembali berlatih pada Sabtu (10/10). Keputusan meliburkan latihan cukup masuk akal. Sebab, tidak ada kepastian kapan kompetisi akan dimulai. Memang, PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) menunda kompetisi selama satu bulan. Tapi, tidak ada jaminan apakah kompetisi bisa bergulir pada bulan depan. Hal itulah yang dipertanya­kan Nil. ’’Saya sudah komunikasi dengan manajer. Kami ingin kepastian kompetisi, jalan atau tidak. Kepastian itu untuk menentukan segala sesuatu, seperti finansial,’’ kata pelatih 50 tahun tersebut.

Apalagi, penundaan kompetisi membuat mental anak asuhnya anjlok. Nil menjelaska­n, anak asuhnya sudah dalam kondisi baik. Mereka juga berlatih dengan maksimal untuk menyambut kompetisi. ’’Pemain semangatny­a sudah sampai 100 persen untuk bertanding. Tapi, karena kompetisi ditunda, mentalnya jadi menurun,’’ terang pelatih asal Payakumbuh, Sumatera Barat, tersebut.

Kapten Persela Eky Taufik merasakan betul dampak penundaan kompetisi. Dia mengaku tidak jelasnya kompetisi membuat mentalnya turun. Meredup. ’’Saat latihan semangat (pemain Persela) juga seperti berkurang,’’ kata pemain asli Sragen tersebut.

Meski begitu, dia menilai itu hal yang wajar. ’’Kami sudah mempersiap­kan laga (lawan Persipura) dengan matang. Tahu-tahu diundur,’’ tambahnya.

Karena itu, keputusan memberikan libur latihan dianggap sudah sangat tepat. ’’Saya rasa anak-anak butuh refreshing juga. Mungkin bisa beberapa hari di rumah sambil menunggu keputusan,’’ ucap Nil.

Lagi pula, jika dipaksakan untuk berlatih, Nil menilai itu akan sia-sia. Sebab, kepastian kompetisi memang belum jelas. ’’Kami sebagai pelatih harus ada plan A, B, C. Sementara kalau tidak ada kepastian kompetisi, kami bikin program latihan pun juga tidak akan maksimal,’’ terangnya.

Karena itu, selama libur, tim akan memantau kepastian kompetisi. Meski begitu, pemain diharapkan tetap menjaga kondisi fisik selama libur. Sebab, kompetisi bisa benar-benar bergulir bulan depan.

 ?? ANJAR DWI PRADIPTA /JAWA POS RADAR LAMONGAN ?? BERHENTI DULU: Latihan pemain Persela Lamongan untuk sementara diliburkan sambil menunggu perkembang­an lanjutan Liga 1.
ANJAR DWI PRADIPTA /JAWA POS RADAR LAMONGAN BERHENTI DULU: Latihan pemain Persela Lamongan untuk sementara diliburkan sambil menunggu perkembang­an lanjutan Liga 1.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia