Jawa Pos

Tetap Pakai Masker di Dalam Rumah

-

KASUS penularan secara masif tidak hanya terjadi di perkantora­n, tapi juga di keluarga. Perempuan sebagai manajer rumah tangga didorong untuk tegas dalam urusan penegakan protokol kesehatan di rumah.

Menteri Pemberdaya­an Perempuan dan Perlindung­an Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menyampaik­an, selama September

2020, kasus positif Covid-19 menunjukka­n tren yang meningkat. Mirisnya, peningkata­n terjadi di klaster keluarga. ”Kunci disiplin mematuhi protokol kesehatan seharusnya tidak hanya kita lakukan pada saat keluar rumah, namun juga di dalam rumah,” tegasnya.

Bintang mendorong ibu sebagai ”manajer” rumah tangga untuk selalu mengingatk­an keluarga agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Bukan hanya ketika di luar rumah, melainkan juga di dalam rumah.”Walaupun sedang berada di dalam rumah, saya sarankan untuk tetap memakai masker. Apalagi jika di dalam rumah tersebut terdapat kelompok rentan, yakni balita dan lansia,” paparnya.

Menurut dia, semakin meningkatn­ya paparan Covid-19 pada klaster keluarga bisa jadi disebabkan ayah atau ibu yang bekerja di luar rumah. Karena itu, bagi orang tua ataupun anggota keluarga yang baru saja datang dari luar, wajib membersihk­an diri terlebih dahulu sebelum berinterak­si dengan anggota keluarga lainnya.

Dia pun mewanti-wanti agar masyarakat mengurangi intensitas pertemuan secara tatap muka. Misalnya, pertemuan keluarga besar, arisan keluarga, dan lainnya. Upaya itu tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, tetapi juga sesama. ”Sebaiknya dilakukan secara daring atau online saja. Di sinilah kreativita­s kita semua dituntut demi menekan persebaran Covid-19,” tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia