Jawa Pos

Tingkatkan Imunitas dengan Bermain dan Melukis

Banyak anak-anak yang tertular Covid-19 terpaksa ikut ”diungsikan” ke Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran. Kondisi psikologis anak-anak yang sedang menjalani isolasi tersebut menjadi perhatian banyak pihak.

- Agus Wirawan, (*)

TIDAK ada nuansa kesedihan yang diperlihat­kan puluhan anak yang sedang berada di salah satu ruangan besar Wisma Atlet. Mereka bermain, bercanda, dan berlari-lari layaknya sedang berada di rumah. Padahal, mereka adalah anak-anak yang positif terpapar virus mematikan, Covid-19.

Mereka umumnya berada di Wisma Atlet karena orang tuanya juga positif Covid-19 dan sedang dirawat di gedung yang disiapkan pemerintah itu. Sehari

Jakarta, Jawa Pos hari terdapat tim Satgas Penanganan Covid-19 dan sukarelawa­n yang menemani mereka melewati hari-hari menjemukan saat isolasi.

Anak-anak itu diajak untuk menggambar, bermain, berolahrag­a, dan melakukan aktivitas lain untuk mengusir kejenuhan. Tujuan utamanya adalah agar mereka bisa kembali tertawa seperti sedia kala, seperti ketika berada di rumah. Setiap hari mereka diminta mengisi gambar emoticon yang sesuai kondisi hati. Ada sedih, biasa saja, atau gembira.

”Kami mengajak adik-adik untuk beradaptas­i, berinterak­si sehingga menambah motivasi mereka. Kegiatanny­a seperti lomba melukis, lomba mewarnai, sponsornya dari rekan-rekan di unit keperawata­n dan unit pekerja sosial RSDC Wisma Atlet,” ujar Koordinato­r Keperawata­n RSDC Wisma Atlet Letnan Kolonel Ramlan SSos.

Suasana hati yang gembira diharapkan bisa meningkatk­an imunitas anak-anak tersebut sehingga bisa cepat terbebas dari Covid-19. ”Harapan kami, adik-adik dapat bertambah semangat sehingga mereka lekas sembuh dan kembali ke keluarga dan teman-temannya serta berinterak­si kembali dengan masyarakat,” tuturnya.

Perawat dan pekerja sosial yang mendamping­i anak-anak itu tentu harus menggunaka­n alat pelindung diri (APD) lengkap supaya tidak tertular Covid-19. ”Kami tetap menjaga kesehatan agar bisa mendukung dan melayani rekan-rekan yang dirawat dan diisolasi. Jadi, kami tetap menjalanka­n protokol kesehatan,” sebutnya.

Salah satu orang tua yang sedang mendamping­i anaknya bermain menyambut positif kegiatan itu. ”Senang anaknya. Kemarin anak saya nangis minta pulang terus. Sekarang ada (kegiatan) ini, dia senang. Terima kasih dukunganny­a,” paparnya.

Dia mengaku senang dengan diadakanny­a kegiatan yang positif bagi anak-anak. ”Jadi, mereka tidak sedih dan tidak takut untuk tinggal di Wisma Atlet,” jelasnya.

 ?? WWW.YOUTUBE.COM/BNPB ?? CEPAT SEMBUH: Seorang anak pasien Covid-19 menunjukka­n lukisannya di Wisma Atlet, Kemayoran. Kegiatan ini dipandu para perawat dan pekerja sosial.
WWW.YOUTUBE.COM/BNPB CEPAT SEMBUH: Seorang anak pasien Covid-19 menunjukka­n lukisannya di Wisma Atlet, Kemayoran. Kegiatan ini dipandu para perawat dan pekerja sosial.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia