Jawa Pos

Siap Gelar World Habitat Day

-

SURABAYA, Jawa Pos − Kota Pahlawan mendapatka­n apresiasi dari dunia internasio­nal. Surabaya dianggap mampu menjalanka­n pembanguna­n yang berkelanju­tan. Capaian prestasi itu kini terbayar lunas. Surabaya mendapatka­n kehormatan dengan menjadi tuan rumah World Habitat Day.

Event dunia itu dilaksanak­an pekan depan. Tepatnya 5 Oktober. Sejatinya, sejumlah perwakilan dunia bakal singgah ke Surabaya. Namun, karena pandemi virus korona, acara digelar secara daring.

Ada sejumlah alasan Surabaya mendapatka­n kepercayaa­n untuk menghelat event berskala dunia itu. Kepala Bagian Humas Febriadhit­ya Prajatara menjelaska­n, faktor pertama adalah prestasi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i. Risma mampu membangun Kota Pahlawan. ”Terutama di bidang perkotaan dan permukiman,” jelasnya.

Menurut Febri, pada 2018, Risma meraih penghargaa­n. Yakni, Scroll of Honour. Penghargaa­n itu diberikan berkat kerja kerasnya membangun Surabaya

Dalam pembanguna­n, pemkot tidak asal. Namun, ada sejumlah pertimbang­an. Terutama warga yang tidak mampu. ”Sehingga seluruhnya bisa menikmati pembanguna­n,’’ jelasnya.

Kedua, UN Habitat melihat kesungguha­n Risma dalam mengolah sampah. Terutama sampah padat. Selain itu, mengajak warga ikut membantu pemkot mengatasi persoalan limbah rumah tangga. ”Banyak program pemkot yang mendapatka­n apresiasi,” ucapnya.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Risma juga sempat menyampaik­an penyelengg­araan World Habitat Day. Ada lima negara yang berkunjung ke Surabaya. Para pimpinan negara itu akan mengadakan pertemuan. ”Juga ada seminar,” jelasnya.

Salah satu seminar membahas permukiman. Realestat dari sejumlah negara menyampaik­an paparan.

Menurut Risma, Surabaya jauh berkembang. Contohnya, di bidang infrastruk­tur. Taman, fasilitas umum, dan perkantora­n berdamping­an dengan perumahan. Di bidang layanan publik juga banyak inovasi.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? KEMILAU KOTA: Gemerlap lampu di Kalimas siap menyambut tamu-tamu asing di Surabaya. Namun, karena pandemi korona, pertemuan akan berlangsun­g secara daring.
DIMAS MAULANA/JAWA POS KEMILAU KOTA: Gemerlap lampu di Kalimas siap menyambut tamu-tamu asing di Surabaya. Namun, karena pandemi korona, pertemuan akan berlangsun­g secara daring.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia