Jawa Pos

Turunkan Target Pajak Parkir 44 Persen

-

SURABAYA, Jawa Pos − Pandemi Covid-19 berdampak pada pundi-pundi pendapatan daerah. Salah satunya pendapatan pajak di sektor perparkira­n. Agar kelak capaian tak terlalu jauh dari target, pemkot pun merasional­isasi target awal pajak parkir Rp 107 miliar.

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Rachmat Basari mengungkap­kan, realisasi pajak parkir jauh dari harapan. Hingga Agustus kemarin, realisasin­ya baru Rp 38 miliar.

”Menurut perhitunga­n kami, itu masih jauh dan akhirnya diputuskan targetnya diturunkan. Karena pandemi ini kan juga belum berakhir,” paparnya. Karena itu, pihaknya mengusulka­n penurunan target hingga 44 persen atau tinggal Rp 63 miliar. ”Itu nanti kami upayakan tercapai sampai Desember,” ucapnya.

Pria yang juga menjabat inspektur Pemkot Surabaya itu mengungkap­kan bahwa pandemi benar-benar memberikan efek yang signifikan terhadap pendapatan di sektor perparkira­n. Sebab, banyak kantor yang tutup. Kantor milik pemerintah pun melakukan pelayanan via online. ”Termasuk mal-mal saat itu kan sepi,” terangnya.

Sekretaris Komisi B DPRR Surabaya Mahfudz mengatakan, pihaknya memahami kondisi tersebut. Dengan catatan, target baru yang diterapkan harus benar-benar dikejar supaya bisa terealisas­i dengan maksimal hingga akhir Desember nanti. ”Memang kondisinya seperti itu. Jadi, kita memaklumi,” katanya.

Optimalisa­si potensi pendapatan yang ada masih cukup sulit. OPD (organisasi perangkat daerah) terkait tidak mungkin menaikkan nilai retribusi yang sudah ditetapkan. Sebab, mengubah tarif retribusi harus melalui perubahan peraturan daerah (perda).

Karena itu, politikus PKB tersebut meminta agar pemkot benar-benar serius dalam mengejar target pendapatan parkir. Sebab, saat ini sudah banyak kantor yang buka. Pusat perbelanja­an juga mulai beroperasi. Termasuk tempat-tempat nongkrong maupun restoran mulai ramai. ”Pasti bisa, tidak boleh kendur karena pandemi. Pendapatan daerah harus terus digenjot,” tuturnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? POTENSI: Deretan sepeda motor di dekat Taman Bungkul.
FRIZAL/JAWA POS POTENSI: Deretan sepeda motor di dekat Taman Bungkul.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia