Jawa Pos

Di Masjid Cheng Hoo, Eri Bicara Ekonomi Umat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Calon wali kota Surabaya Eri Cahyadi bersama calon wakil wali kota Armudji mengunjung­i Masjid Muhammad Cheng Hoo untuk dialog dan Jumatan kemarin (2/10). Eri sekaligus memutar kenangan lantaran cukup sering Jumatan di masjid tersebut.

Mereka juga berbincang dengan pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jatim sembari berdiskusi pengembang­an ekonomi di masjid. Selang setengah jam, diskusi dihentikan terlebih dahulu. Sebab, mereka harus Jumatan. Diskusi dilanjutka­n setelah salat Jumat. Ada doa bersama agar diberi kesehatan.

Eri melihat Masjid Cheng Hoo tak sekadar menjadi tempat ibadah. Namun, sektor perekonomi­an juga menjadi perhatian. Di halaman depan masjid misalnya, ada sejumlah UMKM kuliner. Dia berharap semua tempat ibadah seperti Masjid Cheng Hoo yang punya fungsi multisekto­r. Mulai ibadah, kegiatan sosial, UMKM, hingga pendidikan. ”Itu impian saya,” terangnya.

Pada masa pandemi ini, masjid tersebut juga dinilai Eri begitu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebelum masuk, jamaah harus menjalani pemeriksaa­n suhu tubuh. Berlanjut mencuci tangan. Kapasitas masjid pun diatur. ”Misalnya, Jumatan. Kalau sudah penuh, ya ditutup,” ujarnya.

Sementara itu, pendiri PITI Jatim Bambang Yusuf Bambang

Sujanto menjelaska­n, Eri memang kerap beribadah di Masjid Cheng Hoo sejak bertugas di pemkot. ”Pak Eri berkunjung untuk bersilatur­ahmi,” ucapnya. Menurut dia, ada kenang-kenangan yang diberikan Eri ketika masih bertugas di bappeko. Yakni, membangun gapura masjid.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? SILATURAHM­I: Calon wali kota Eri Cahyadi di Masjid Cheng Hoo kemarin.
FRIZAL/JAWA POS SILATURAHM­I: Calon wali kota Eri Cahyadi di Masjid Cheng Hoo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia