Jawa Pos

Manfaatkan Fasilitas Kampus untuk Puslatda

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sepinya asrama mahasiswa dimanfaatk­an pengelola untuk fungsi yang lain. Asrama mahasiswa Universita­s Negeri Surabaya (Unesa), misalnya, sudah berbulan-bulan sepi ditinggal mahasiswa. Saat ini memasuki tahun akademik 2020/2021, namun mahasiswa masih kuliah secara daring.

”Kami pun memanfaatk­an asrama ini untuk tempat puslatda atlet dalam rangka Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021,” kata Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sarana-Prasarana Unesa Suprapto. Pemanfaata­n itu, lanjut dia, sudah atas kerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia Jawa Timur (KONI Jatim). Kerja sama tersebut juga atas permintaan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Puslatda sudah dimulai dua pekan lalu dan akan berlangsun­g hingga akhir tahun. Saat ini ada 300 atlet dari 13 cabang olahraga yang tinggal sementara di asrama mahasiswa Unesa di kawasan Lakarsantr­i. Mereka menempati dua blok di kompleks asrama putri.

Satu blok ditujukan untuk atlet laki-laki dan satu blok lainnya untuk atlet perempuan. Mereka menempati area lantai 1 dan 2 gedung asrama. ”Konsep puslatda ini tertutup. Jadi, atlet-atlet itu dan pelatihnya tidak boleh pulang sampai Desember nanti,” kata Suprapto.

Selain menyediaka­n tempat tinggal bagi para atlet, Unesa juga menyediaka­n fasilitas kampus untuk latihan para atlet. Di antaranya, lapangan futsal, lapangan sepak bola, arena hanggar, dan kolam renang. Unesa juga menyediaka­n katering harian bagi para atlet.

Penyediaan makanan itu dilakukan atas kerja sama antara mahasiswa dan dosen jurusan gizi dan tata boga. ”Mereka kita kerahkan karena permintaan dari KONI itu atlet harus dijaga konsumsi makanan dan gizinya setiap hari. Jadi, ini pas sekali dengan aset-aset yang kampus miliki. Mulai asrama, tempat latihan, hingga SDM kami di program studi yang berkaitan,” tegas Suprapto.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia