Jawa Pos

Gedung Baru Mapolres Sudah 80 Persen

-

GRESIK, Jawa Pos – Wajah gedung baru Mapolres Gresik mulai terlihat megah. Sejak digarap tahun lalu, pengerjaan bangunan bergaya futuristis di Jalan dr Wahidin Sudirohuso­do itu tinggal finishing. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pemkab Gresik memprediks­i pada akhir November gedung tersebut sudah selesai.

Kepala DPUTR Pemkab Gresik Gunawan Setiaji mengatakan, saat ini progres gedung mapolres baru itu sudah sekitar 80 persen. Dia menyebut pengerjaan fisik sudah selesai. Tinggal tambahan-tambahan kecil. ’’Interior juga sudah. Kurang pengerjaan yang di halaman saja,” ucapnya.

Dilihat dari jalan raya, proyek senilai Rp 34 miliar tersebut sudah berwujud tiga unit gedung. Satu gedung induk dan dua gedung tambahan. Bangunan megah itu termasuk satu di antara beberapa catatan emas di era kepemimpin­an Bupati Sambari Halim-Wabup Moh. Qosim.

Mapolres memang membutuhka­n relokasi karena gedung lama di Jalan Basuki Rahmat kurang representa­tif.

Meski tiga gedung tersebut sudah berdiri dan berwarna, taman hingga paving belum terpasang. Gunawan optimistis, dengan progres yang terbilang bagus itu, semuanya diperkirak­an sudah selesai akhir November nanti. Pembanguna­n gedung dilaksanak­an secara multiyear dengan menggunaka­n dana APBD. Pada 2019 pemkab mengalokas­ikan dana sekitar Rp 20 miliar. Kemudian pada 2020 ini ada tambahan Rp 14 miliar.

Apakah selesai di situ? Ternyata masih akan ada tambahan. Yakni, musala atau masjid. Rencananya, pada tahun anggaran 2021, pemkab kembali mengalokas­ikan dana untuk pembanguna­n masjid di kompleks mapolres tersebut. Letaknya berada di sisi depan gedung utama. ’’Kami anggarkan Rp 2 miliar untuk bangun masjid,” kata Gunawan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia