Jawa Pos

Pameran Formal Perdana di Masa Pandemi

-

SIDOARJO, Jawa Pos - Setidaknya 80 lukisan terpampang di pendapa Delta Sabha Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo. Lukisan tersebut berasal dari seluruh Indonesia dengan berbagai aliran dan ukuran.

Sejak kemarin, Ikatan Pelukis Indonesia (IPI) memamerkan lukisan di Sidoarjo. Pameran berlangsun­g hingga 9 Oktober mendatang.

Founder sekaligus Ketua IPI Supaat Margie menyebutka­n, pameran kemarin menjadi pameran terbesar pertama yang digelar organisasi­nya. Tak tanggung-tanggung, perupa dari seluruh Indonesia datang.

”Dari Aceh, dari Indonesia Timur juga datang, tersebar yang berpartisi­pasi,” kata Supaat.

Pameran tersebut menjadi bukti bahwa semangat perupa tetap ada. Sebab, di masa pandemi ini, kebanyakan hanya digelar pameran virtual. ”Ini jadi bukti bahwa seniman bangkit lagi di masa pandemi, tidak terpuruk dengan keadaan,” ucap Supaat.

Pameran kemarin menjadi obat rindu sekaligus tempat aktualisas­i karya. ”Kami tidak membatasi aliran lukisannya,” terang Supaat.

Tidak ada batasan umur perupa juga. Bagi yang ingin beli, juga boleh. Supaat menyebutka­n, kisaran harga lukisan yang dipamerkan mulai Rp 5 juta sampai Rp 50 juta.

Kepala Disporapar Sidoarjo Djoko Supriyadi menyebutka­n, pameran kemarin merupakan pameran formal pertama di masa new normal ini. Meskipun, tetap ada pembatasan. ”Protokol pencegahan Covid-19 juga diterapkan ketat,” ujar Djoko.

Pihaknya memfasilit­asi para perupa untuk pameran karena pameran sangat penting bagi perupa. ”Perupa butuh menunjukka­n karya dan kreativita­s untuk unjuk karya,” tambah Djoko.

Dengan demikian, karya mereka bisa dinikmati banyak orang. Sekaligus sebagai upaya agar sektor seni kembali bangkit.

”Karena sektor mana pun terdampak pandemi, termasuk seni. Semoga dengan ini pelanpelan bisa kembali ke normal,” pungkasnya.

 ?? UZI /JAWA POS ?? PAMERAN: Puluhan foto dipamerkan di Graha Sabha Disporapar Sidoarjo, sejak kemarin sampai 9 Oktober mendatang.
UZI /JAWA POS PAMERAN: Puluhan foto dipamerkan di Graha Sabha Disporapar Sidoarjo, sejak kemarin sampai 9 Oktober mendatang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia