Jawa Pos

Melanglang Buana berkat Batik

-

SURABAYA, Jawa Pos – ”Yang itu persiapan untuk dikirim,” ujar Nur Chamdiyah saat ditemui di galeri miliknya di Jalan Mojo. Dia menunjukka­n kerajinan perca batik berupa dekorasi rumah. Perempuan yang akrab disapa Chamidah itu merupakan penggiat UMKM di bidang aksesori yang seluruhnya terbuat dari perca batik. Dia mengaku sangat mengagumi warisan budaya Indonesia itu.

Sedari dulu, Chamidah telah menunjukka­n ketertarik­annya pada batik. Dia kerap menggunaka­n aksesori dan menata dekorasi rumah dengan motif-motif batik. Perempuan asli Surabaya itu merasa motif batik sangat elegan dan klasik. Sampai akhirnya keinginan untuk membuat sendiri kerajinan batik muncul dalam dirinya. Chamidah pun mulai mengikuti berbagai pelatihan pada 2012.

”Di situ saya belajar banyak hal. Bukan hanya aksesori dan dekorasi, melainkan juga berbagai perlengkap­an tulis dari batik,” imbuh perempuan 53 tahun itu.

Lantas, dia mulai mengembang­kan sendiri produknya. Sebagian besar bahan yang digunakan untuk membuat produk berasal dari kain perca. Sebab, Chamidah juga ingin mengurangi limbah kain. Dia mengumpulk­an perca-perca tersebut dan mengkreasi­kan sesuai dengan polanya. Untuk memproduks­inya, dia juga dibantu sang adik.

Kini produknya kerap dikirim ke berbagai toko ritel. Chamidah juga kerap melanglang buana ke sejumlah pameran untuk mengikuti gelar produk. Bagi dia, itu adalah aktivitas yang menyenangk­an karena sesuai dengan hobi dan dapat mengerjaka­nnya di rumah. Karena itu, dia berusaha tetap aktif dan menjaga kebugaran tubuh.

Chamidah mengaku jarang melewatkan jalan kaki dan senam pagi di rumahnya setiap hari. ”Banyak minum air putih juga,” pungkasnya.

 ?? NUR CHAMDIYAH FOR JAWA POS ?? DAUR ULANG: Nur Chamdiyah menunjukka­n beragam aksesori batik kreasinya. Dia memilih menggunaka­n kain perca batik demi mengurangi limbah kain.
NUR CHAMDIYAH FOR JAWA POS DAUR ULANG: Nur Chamdiyah menunjukka­n beragam aksesori batik kreasinya. Dia memilih menggunaka­n kain perca batik demi mengurangi limbah kain.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia