Jawa Pos

Menyusul Berpulangn­ya sang Gitaris Penjualan Album Van Halen Melonjak

-

NEW YORK, Jawa Pos – Karya Eddie Van Halen abadi. Berpulangn­ya sang gitaris di usia 65 tahunpadaS­elasa(6/10)membuat angka penjualan dan streaming Van Halen melonjak. Mengutip laporanNie­lsenMusic/MRCData, penjualank­oleksialbu­mdanlagu VanHalendi­AmerikaUta­rapada 6Oktoberme­ncapai40ri­bukopi. Angka itu naik 6.198 persen dari penjualan sehari sebelumnya –yang tak sampai seribu kopi.

Jika merujuk ke penjualan album saja, pada 6 Oktober, totalnya mencapai 9 ribu kopi. Yang paling laris, album debut Van Halen yang dirilis pada 1978. Album itu tercatat terjual hingga 2 ribu kopi. Pada hari yang sama, penjualan lagu mencapai 31 ribu kopi. Banyak di antaranya yang merupakan hit favorit radio.

Penjualan tertinggi dicatat Jump. Lagu dengan intro ikonis –yang kembali populer karena Ready Player One– itu terjual 3 ribu kopi. Di antara lagu-lagu Van Halen yang mampu mencapai top 40, Jump adalah satusatuny­a hit yang berhasil memuncaki Billboard Hot 100. Lagu tersebut bertahan di posisi pertama selama lima pekan.

Selain Jump, ada hit Panama,

Eruption, Runnin’ with the Devil, dan You Really Got Me yang masing-masing penjualann­ya mampu melebihi seribu kopi. ’’Meledaknya” karya-karya lama Van Halen diperkirak­an berdampak pada tangga lagu Billboard pekan depan.

Eddie Van Halen meninggal dunia pada 6 Oktober setelah melawan kanker. Kanker tersebut merupakan yang kedua diderita musisi berdarah BelandaInd­onesia itu. Sebelumnya, pada 2000, Ed –sapaannya– didiagnosi­s mengalami kanker lidah yang telah menyebar ke kerongkong­an. Sepertiga lidahnya terpaksa dioperasi. Dua tahun berselang, dia dinyatakan bebas dari kanker tersebut.

Pada 2015, E d kembali di diagnosis mengalami kanker. Demi pengobatan, dia melakukan perjalanan bolak-balik Jerman– Amerika Serikat. Dua bulan lalu, vokal is Van Halen David Lee Ro th mengisyara­tkan ragu-ragu band rock itu bisa kembali melangsung­kan t u r. V a n Hal e n kali terakhir tampil live pada 2015. ’Aku tidak tahu apakah Eddie Van Halen bakal kembali ke kerasnya jalanan (tur konser, Red) lagi,” ungkapnya.

 ?? ETHAN MILLER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP ??
ETHAN MILLER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia