Jawa Pos

Pamerkan Kebun Bibit Tanaman Hidroponik

-

SURABAYA, Jawa Pos - Ajang Surabaya Smart City (SSC) menuju 150 besar. Dewan juri yang berasal dari pemerhati lingkungan manyambang­i RT 6, RW 3, dan RT 7, RW 3, Tambak Segaran, Kelurahan Tambakrejo, Simokerto. Mereka melakukan penilaian dan mencari tahu keunggulan dua kampung tersebut.

Di RT 6, para juri disambut cukup semarak. Bukan saja dengan yel-yel. Beberapa warga juga memamerkan produk kreatifnya. Yakni, fashion yang dibuat dari barang bekas. ’’Itu bajunya dari plastik-plastik yang dikumpulka­n warga. Kami mengumpulk­annya lewat bank sampah,” kata Anang Santoso, ketua RT 6, RW3, Kelurahan Tambakrejo.

Dia menjelaska­n bahwa masyarakat tidak hanya menyulap barang bekas jadi kostumunik.Namun,merekajuga­membuat wadah lampu dan hiasan lain yang dipasang di fasilitas umum.Ada yang menariksaa­tberkunjun­gdiRT6.Masyarakat memiliki kebun bibit hidroponik yang lokasinya di dekat lapangan. Kebun itu dikelola kelompok wanita tani (KWT)

Ukurannnya 20 x17 meter. Keberadaan kebun bibit layak mendapat apresiasi karena turut memberdaya­kan masyarakat. Ada proses pembibitan di lahan tersebut. Sebagian bibit itu disebar ke rumah-rumah warga untuk ditanam secara mandiri.

Selain pembibitan, kebun juga dipakai untuk mengembang­kan tanaman hidroponik. Tercatat ada puluhan jenis tanaman. Mulai kangkung, selada, sawi, jahe, hingga tomat. ’’Kangkung dipanen dua minggu sekali. Hasil penjualan untuk kas KWT dan pengembang­an kebun,” jelas Anang.

Dia menyebutka­n, beberapa warga kreatif dengan mengoptima­lkan hasil penanaman secara hidroponik. Mereka tidak saja menjualnya secara mentahan. Ada yang mengolahny­a jadi keripik, puding, dan minuman tradisiona­l. Sebagian produk telah dijual di pasaran.

Selain berkunjung ke RT 6, juri juga mendatangi RT 7. Mereka mengelilin­gi kawasan permukiman. Tidak sekadar melihat tanaman. Juri juga meneliti pengolahan sampah di masyarakat. Termasuk prosedur pemilahan sampah basah dan kering.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? HIJAU DAN LESTARI: Tim juri SSC menilai green house Rumah Pangan Lestari yang menjadi andalan warga RT 6, RW 3, Kelurahan Tambakrejo, kemarin.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS HIJAU DAN LESTARI: Tim juri SSC menilai green house Rumah Pangan Lestari yang menjadi andalan warga RT 6, RW 3, Kelurahan Tambakrejo, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia