Jawa Pos

DKPP Panen Lele Perdana

Distribusi­kan kepada Warga Rusunawa Romokalisa­ri

-

SURABAYA, Jawa Pos - Ira Yolanda semringah saat menerima kantong plastik berisi lele dua hari lalu. Warga Rusunawa Romokalisa­ri Blok D 506 itu berbaris antre menerima pembagian lele dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya.

Ira menuturkan, dirinya berencana mengolah lele untuk buah hatinya. Dia menyebutka­n, sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pernah membagikan bandeng untuk warga rusun. ’’Kalau lele ini pertama kali ya,” terangnya kepada Jawa Pos.

Ditemui di lokasi yang sama dengan Ira, Kepala DKPP Yuniarto Herlambang menyatakan bahwa pihaknya membagikan sekitar 3 ribu lele kepada warga rusunawa. Pembudiday­aan ikan yang hidup di air tawar itu dimulai sejak tiga bulan lalu. Benih lele ditebar pada 6 Agustus lalu. ’’Ini panen perdana,” ucapnya kemarin.

Sementara ini, lanjut Yuniarto, lele diberikan ke rusunawa karena dekat dengan area pembudiday­aan. Tidak tertutup kemungkina­n, lanjut dia, ke depan DKPP membagikan­nya kepada warga luar rusunawa.

Dia menilai, pembudiday­aan ikan lele menjadi langkah strategis untuk memperkuat ketahanan pangan di kota metropolis. Di area pembudiday­aan, ada enam kolam yang digunakan DKPP untuk ikan berkumis itu.

Ketinggian masing-masing kolam 1,2 meter dan diameter 2 meter. ’’Setiap hari ada tujuh petugas yang disiagakan di sini,” tutur Yuniarto.

Sementara itu, Camat Benowo Muslich Hariadi menilai, kawasan Kelurahan Romokalisa­ri memiliki potensi kekayaan laut yang besar. Pemkot memberikan perhatian cukup baik terhadap wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Gresik itu. ’’Kalau lagi tidak pandemi, di Romokalisa­ri ramai pengunjung,” paparnya.(sam/c6/ano)

 ?? DIMAS NUR APRIYANTO/ JAWA POS ?? PERDANA: Kepala DKPP Yuniarto Herlambang mengecek lele yang baru dipanen di Romokalisa­ri, Benowo, kemarin. Per warga mendapatka­n enam ekor lele.
DIMAS NUR APRIYANTO/ JAWA POS PERDANA: Kepala DKPP Yuniarto Herlambang mengecek lele yang baru dipanen di Romokalisa­ri, Benowo, kemarin. Per warga mendapatka­n enam ekor lele.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia