Jawa Pos

Bikin Buku saat Pandemi

-

SURABAYA, Jawa Pos - Mengasah kemampuan siswa tetap bisa dilakukan di mana saja. Misalnya, yang dilakukan klub jurnalisti­k di SD Kr. Gloria 2, Kupang Indah. Masa pandemi dimanfaatk­an jadi bahan ide untuk menghasilk­an buku. ’’Jadi, siswa praktik seperti apa mengomunik­asikan ide lewat tulisan,’’ ucap Kepala Sekolah Lili Tjahjani.

Buku Asik di Tengah Pandemi itu merupakan kumpulan tulisan 16 siswa dari kelas IV dan V. Mereka diajak untuk menceritak­an hari-hari di tengah pandemi. Kebanyakan berkisah tentang hobi-hobi baru yang dipelajari saat menghabisk­an banyak waktu di rumah. ’’Tiap tahun siswa punya tugas menulis. Nah, baru sekarang jadi buku dan ada tema yang dirasakan bareng semua,’’ jelas Lili.

Dalam prosesnya, para siswa didampingi dosen dari ilmu komunikasi UK Petra. Ada beberapa tahap latihan yang diberikan dalam penyusunan buku. Pertama, mereka diminta untuk memikirkan tema tulisan yang ingin dibuat. Materi teknik penulisan diberikan dan harus diaplikasi­kan dalam tugas pertama. ’’Dalam tugasnya, mereka sudah buat draf awal tulisan mereka,’’ ucap Carolina Andahara sebagai koordinato­r klub jurnalisti­k.

Tulisan tersebut kemudian terus diperbaiki. Siswa mengirimka­n kepada kakak pendamping dari UK Petra. Kemudian, kakak pendamping memberikan saran dan kritik. ’’Senangnya, siswa antusias sekali. Begitu dikasih feedback itu langsung diperbaiki,’’ jelas Carolina.

Siswa memang harus dibiasakan menulis sejak kecil. Kemampuan menulis perlu dikenalkan dan dilatih secara terus-menerus. ’’Karena ini bentuk komunikasi yang penting. Pilarnya. Lisan kan sudah dilatih di presentasi,’’ ucapnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/ JAWA POS ?? BERKARYA: Carolina Andahara (kanan) dan Irine Maybanda membaca buku karya siswa SD Gloria 2 kemarin.
RIANA SETIAWAN/ JAWA POS BERKARYA: Carolina Andahara (kanan) dan Irine Maybanda membaca buku karya siswa SD Gloria 2 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia