Jawa Pos

Markeso-Rusmini Meriahkan Pasar Pakis

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tak hanya menari remo, Markeso dan Rusmini juga nembang. Pengunjung dan pedagang Pasar Krempyeng Pakis pun tersenyum. Mereka terhibur. Apalagi, dua seniman itu tak hanya melakukan pertunjuka­n, tapi juga membagikan masker gratis. Termasuk melakukan kampanye protokol pencegahan Covid-19.

Rusmini diperankan Meimura. Markeso dimainkan Welly Suryandoko. Keduanya kompak dan all-out. Dengan kostum dan tarian khasnya, mereka berdua membawa misi khusus. Tak hanya menghibur atau kampanye protokol Covid-19, tetapi juga meningkatk­an imun pengunjung dan pedagang Pasar Krempyeng Pakis. ’’Mereka kami buat tertawa biar happy,’’ kata Welly kemarin. Menurut dia, selain asupan vitamin, imun dibentuk dari psikis seseorang. Caranya harus senang dan bahagia. Karena itu, pihaknya sengaja datang menghibur pengunjung dan pedagang.

Sembari menghibur, keduanya tak lupa menyelipka­n informasi terkait penggunaan masker. Selain keliru, sebagian belum menggunaka­n masker. Melihat tersebut, sebanyak 300 masker dibagikan kepada pedagang dan pengunjung Pasar Krempyeng Pakis.

Welly mengungkap­kan, ratusan masker didapat dari uang pribadi dan sebagian dari sumbangan. Kegiatan itu rencananya rutin dilakukan di seluruh Pasar Krempyeng. Terutama yang ramai dan kedisiplin­an protokol masih rendah. ’’Ini cara alternatif untuk tingkatkan kedisiplin­an,’’ ucapnya.

Di samping itu, dosen Fakultas Bahasa dan Seni Unesa tersebut menambahka­n, ada misi yang tak kalah penting. Yakni, melestarik­an budaya ludruk di masyarakat. Saat ini budaya khas Surabaya itu mulai ditinggalk­an. Terutama bagi kalangan pemuda.

 ?? DIPTA WAHYU/ JAWA POS ?? HIBUR MASYARAKAT: Markeso dan Rusmini nembang sambil bagikan masker kepada warga yang berbelanja di Pasar Pakis kemarin.
DIPTA WAHYU/ JAWA POS HIBUR MASYARAKAT: Markeso dan Rusmini nembang sambil bagikan masker kepada warga yang berbelanja di Pasar Pakis kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia