Jawa Pos

Layani Warga di Luar Ruangan

Antisipasi Kelurahan Cegah Penularan Covid-19 dari Dalam Kantor

-

SURABAYA, Jawa Pos – Demi memberikan rasa aman bagi masyarakat maupun pegawai, sejumlah kelurahan menyuguhka­n layanan yang berbeda untuk warga. Di Kelurahan Rungkut Kidul, misalnya, aktivitas pegawai lebih banyak di pendapa. Loket layanan pun berada di luar ruangan.

Di barat pendapa Kelurahan Rungkut Kidul ada meja khusus yang dilengkapi tirai plastik. Di depannya berjejer kursi yang memiliki jarak cukup jauh. Di belakang meja itu ada petugas kelurahan yang sibuk mengutakat­ik berkas.

Sebagian besar staf tidak lagi beraktivit­as di dalam ruangan beberapa pekan ini. Mereka memilih pendapa dan area sekitar kantor untuk memberikan pelayanan bagi warga. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 dari dalam ruangan.

Masyarakat yang datang diarahkan langsung ke loket tersebut. Tempat yang teduh membuat warga nyaman. ’’Memang di sini suasananya asri. Banyak pohonnya. Meski di luar, mereka yang ada kepentinga­n ke kelurahan tetap nyaman,’’ ujar Lurah Rungkut Kidul Diah Ernawati.

Pemkot Surabaya telah mengarahka­n agar setiap ruangan memiliki ventilasi yang cukup. Penggunaan pendingin diminimalk­an. Fungsi jendela ruangan pun dimaksimal­kan. ’’Kami berpikir pendapa juga cukup nyaman untuk memberikan pelayanan seperti ini. Lebih terbuka. Saya pun sekarang ngantornya seperti pindah di luar,’’ katanya.

Meskipun demikian, pelayanan tetap menerapkan protokol kesehatan. Erna menyatakan bahwa jarak diatur. Tidak boleh berkumpul banyak staf. ’’Begitu juga bagi warga yang hendak ada keperluan, kami minta cuci tangan dulu sebelum masuk. Kedisiplin­an tetap kami jaga,’’ terangnya.

Layanan di Kelurahan Pucang Sewu juga tidak menimbulka­n kontak langsung dengan petugas di ruangan. Salah satu jendela di kantor tersebut diubah menjadi loket. ’’Kemudian, kami beri semacam tirai plastik untuk serah terima berkas dan bertemu warga,’’ ujar Lurah Pucang Sewu Kenny Pieter Tupamahu.

Dia mengatakan, kontak langsung sekarang memang diminimalk­an. Walaupun ada bilik sterilisas­i yang dipasang di depan pintu masuk kantor kelurahan, banyak keperluan warga yang bisa selesai melalui loket jendela tersebut. ’’Petugas juga dilengkapi alat pelindung. Misalnya, sarung tangan atau face shield,’’ terangnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? RUANG TERBUKA: Septiana Ayu mengurus dokumen di kantor Kelurahan Rungkut Tengah. Dia dilayani di luar ruangan kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS RUANG TERBUKA: Septiana Ayu mengurus dokumen di kantor Kelurahan Rungkut Tengah. Dia dilayani di luar ruangan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia