Jawa Pos

Serahkan Dua Raisa ke RSI A. Yani

-

SURABAYA, Jawa Pos – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama PT Pertamina (Persero) MOR V menyerahka­n dua robot asisten tenaga kesehatan Raisa kepada RSI A. Yani di Gedung Robotika ITS kemarin (8/10). Keduanya berfungsi melayani pasien di ruang high care unit (HCU) dan intensive care unit (ICU). Total, ada 10 Raisa yang telah didistribu­sikan ke rumah sakit di seluruh Indonesia untuk penanganan Covid-19.

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari menyatakan, dua robot tersebut hampir mirip versi sebelumnya. Hanya, ada beberapa fitur tambahan sesuai dengan permintaan PT Pertamina (Persero) MOR V. ”Robot ini dilengkapi multimedia untuk komunikasi. Khusus yang di ruang HCU, selain bisa membawa baju ganti, obatobatan, dan makanan, ada layar yang bisa digunakan pasien untuk bicara dengan operator,” jelasnya.

Raisa versi terbaru juga dilengkapi fitur pengukur suhu tubuh dan saturasi oksigen. ”Fitur-fitur dasar lain hampir sama dengan versi robot sebelumnya,” ujarnya.

Direktur RSI Surabaya A. Yani dr Samsul Arifin MARS menuturkan, sejak Mei hingga kemarin, makin banyak pasien Covid-19 di tempatnya. Jumlah pasien yang telah ditangani mencapai 750 orang. Perinciann­ya, 500 pasien sembuh, 65 pasien yang saat ini masih dirawat, dan sisanya sudah meninggal. ”Ada 60 nakes kami yang terpapar sejak Mei. Ada dua orang yang masih dirawat dan satu orang meninggal. Sisanya sudah sembuh,” paparnya.

Karena itulah, Raisa dari ITS-Pertamina sangat membantu penanganan pasien Covid-19. Sebab, sudah banyak nakes yang terpapar karena sering kontak dengan pasien. Mulai menyerahka­n obat dan makanan hingga mengecek kondisi pasien. ”Bantuan ini sangat mengurangi beban kerja nakes untuk bertemu dengan pasien Covid-19,” katanya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? KURANGI RISIKO NAKES: Mochamad Ashari (kanan) memberikan penjelasan tentang Raisa kepada dr Samsul Arifin dan GM Pertamina MOR V Sasongko (kiri) di Gedung Pusat Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS KURANGI RISIKO NAKES: Mochamad Ashari (kanan) memberikan penjelasan tentang Raisa kepada dr Samsul Arifin dan GM Pertamina MOR V Sasongko (kiri) di Gedung Pusat Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia