Jawa Pos

Kerap Duet Desain dan Teknik Bareng Anak

-

SURABAYA, Jawa Pos – ’’Itu karya terbaru kolaborasi saya dengan anak saya,’’ kata Siti Soeryanti saat ditemui di rumahnya di Gayungan. Dia menunjukka­n busana biru pada sebuah manekin. Perempuan yang akrab disapa Surya itu merupakan desainer sekaligus pegiat batik. Dia sering berkolabor­asi dengan anak semata wayangnya untuk mendesain busana.

Sejak dulu, Surya memang berkecimpu­ng di dunia tata busana. Dia kerap mendesain dan menerima pesanan, serta menjadi pendidik di bidang tersebut. Pada 2010, Surya menimba ilmu khusus untuk kain batik. Di antaranya, batik celup, batik tulis, dan batik cap. Mulai cara pembuatann­ya hingga mendesain kain batik hingga menjadi busana.

Dari situ, Surya mencoba konsisten dengan ilmu yang ditekuniny­a. Dia rutin membuat desain dan menjahit busana dari kain batik yang dipadukan dengan konsep modern. Misalnya, dengan pola asimetris, tali-temali, dan perpaduan motif. Surya terinspira­si tema-tema tertentu untuk membuat desainnya terlihat lebih kekinian. Salah satunya, busana batik dengan model ala busana Jepang.

’’Itu agar lebih menarik, terutama bagi anak muda,’’ ujar founder Surya Gallery itu. Desainnya identik dengan warna cerah dan model yang tak biasa. Misalnya, kombinasi pola busana Vietnam dan Jepang.

Surya juga sering berkolabor­asi dengan anaknya, Cahya Budi Saptono. Mereka saling memberi masukan dan ide lewat desain dan teknis menjahit busana. Bahkan, keduanya kerap mengikuti peragaan busana bersama. Karya terbaru mereka adalah gaun kombinasi batik dan brokat yang dibuat untuk mengisi waktu bekerja dari rumah.

Kini, Surya aktif memberi pendidikan tata busana. Dia dan Cahya juga sering mengajar bersama. ’’Biasanya lebih ke cara pembuatan batik dan menjahit,’’ paparnya.

Berkat ketekunan itu, Surya meraih sejumlah prestasi. Salah satunya, juara III Creative Industry Pahlawan Ekonomi Surabaya 2016. Ilmu yang diwariskan sang ibu juga membawa Cahya menerima beasiswa sekolah desain pada 2017.

Di sisi lain, untuk menjaga kebugaran, Surya kerap senam dan berjemur saat pagi. Dia juga rutin mengonsums­i buah dan sayuran.

 ?? SITI SOERYANTI FOR JAWA POS ??
SITI SOERYANTI FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia