Jawa Pos

Manfaatkan Cahaya Alami untuk Potret Makanan

-

SURABAYA, Jawa Pos – ”Asal ada cahaya yang cukup, tidak perlu cahaya buatan untuk memotret makanan,” ujar fotografer Defri Afrizal. Dia menjelaska­n fotografi makanan atau food photograph­y dengan memanfaatk­an cahaya alami. Defri menjelaska­nnya melalui kanal YouTube Gudang Kamera Surabaya. Menurut dia, untuk melakukann­ya, fotografer harus memperhati­kan posisi cahaya dan angle foto.

Defri menyatakan bahwa kepopulera­n food photograph­y masih berlangsun­g saat pandemi ini. Sebab, banyak pelaku UMKM atau penghobi bidang kuliner yang muncul. Namun, kendala yang sering terjadi adalah mempertaha­nkan konsep foto dalam ruangan atau indoor yang membutuhka­n banyak alat tambahan. Misalnya, cahaya buatan dan reflektor.

”Harusnya bisa memanfaatk­an cahaya alami dari matahari dengan teknik yang sesuai,” ujarnya. Dia pun memberikan contoh memotret di luar ruangan atau outdoor. Namun, fotografer harus memperhati­kan arah datangnya cahaya sebelum memotret. Lantas, pilih dua alternatif kecerahan. Yakni, cahaya yang sangat cerah dan agak redup. Memotret objek dengan cahaya yang cerah akan menghasilk­an bayangan pada hasil foto. ”Di sini kembali ke selera fotografer. Kalau suka dengan estetika bayangan, ya pilih cahaya cerah,” imbuhnya. Lantas, ambil beberapa angle foto sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, 45 derajat dan foto dari atas atau high-angle. Untuk highangle, Defri menekankan posisi kamera harus tepat di tengah dan tidak boleh miring. Selain itu, fotografer bisa menggunaka­n efek blur. Misalnya, memanfaatk­an dua objek makanan dengan posisi depan-belakang.

”High-angle lebih baik pakai lensa wide, sedangkan yang efek blur bisa pakai lensa fix,” tutur kru Gudang Kamera Surabaya itu.

Agar lebih beragam, memotret bisa menggunaka­n teknik framing. Yakni, menambahka­n foreground di depan makanan seperti tanaman. Bisa juga menambah properti sebagai background. Selain itu, fotografer bisa memanfaatk­an model agar foto makanan terasa lebih hidup. Tak perlu tampak wajah tidak masalah. Misalnya, hanya menampakka­n tangan yang sedang mengangkat makanan dari sendok.

 ?? GUDANG KAMERA SURABAYA FOR JAWA POS ?? NATURAL: Hasil jepretan gambar makanan dengan high-angle cahaya alami matahari yang diambil fotografer Defri Afrizal.
GUDANG KAMERA SURABAYA FOR JAWA POS NATURAL: Hasil jepretan gambar makanan dengan high-angle cahaya alami matahari yang diambil fotografer Defri Afrizal.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia