Jawa Pos

Catatkan Business Matching Rp 3,5 Triliun

Semarak FESyar 2020 pada Sabtu (10/10) menjadi puncak FESyar Regional Jawa 2020. Banyak catatan istimewa yang ditorehkan.

-

SELAMA enam hari dihelat sejak 5 Oktober lalu, FESyar Regional Jawa 2020 sukses menghadirk­an sesi-sesi berbobot. Terutama perannya mengaksele­rasi peran ekonomi syariah dalam mendorong pertumbuha­n ekonomi regional. Roadmap menuju Indonesia Sharia Economic Festival

(ISEF) 2020 di Jakarta pun makin konkret terlihat.

FESyar 2020 juga mendapat apresiasi karena mampu mengemas misinya dalam bentuk yang menarik. Mulai seminar, talkshow, hingga workshop yang disajikan secara faktual, kredibel, dan peka zaman. Hal itu terlihat dari narasumber yang mengisi sesi. Mereka adalah tokoh ekonomi syariah, praktisi, dan pelaku bisnis bereputasi istimewa.

Para pelaku UMKM dan penggiat bisnis pun mendapat bekal lengkap untuk mengembang­kan bisnis. Terutama agar dapat bertahan atau berkembang di saat pandemi seperti saat ini. FESyar 2020 menunjukka­n dukungan dengan menghadirk­an galeri virtual produk-produk kreatif UMKM dari seluruh wilayah Jawa.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jatim Difi Ahmad Johansyah menyatakan, FESyar 2020 mendapat respons positif dari berbagai kalangan meski dihelat secara virtual. Capaiannya pun melebihi ekspektasi. ’’Hal ini menunjukka­n antusiasme seluruh masyarakat untuk terus mempelajar­i dan menerapkan prinsip-prinsip dalam seluruh sendi kehidupan, terutama mewujudkan usaha yang halal dan toyyibah,” ujarnya.

Difi menyebutka­n, kegiatan Shariah Forum diikuti 40.362 peserta melalui berbagai kanal webinar. Baik itu video conference, live streaming Instagram, maupun YouTube. Shariah Fair yang diwujudkan dengan pameran virtual juga mencatatka­n transaksi produk UMKM total Rp 434,3 juta per 10 Oktober 2020.

Minat pelaku usaha untuk mengikuti Coaching Clinic 1 on 1 juga sangat luar biasa. Jadwal konsultasi terisi penuh setiap hari dengan total 233 sesi. Topik yang diberikan, antara lain, tata cara ekspor dan kepabeanan, optimalisa­si sosial media, serta marketplac­e. Ada pula topik terkait sertifikas­i halal, SNI, hak cipta, serta mengenai visual branding dan packaging food maupun nonfood.

”Kami berbangga karena ini menunjukka­n bahwa UMKM kita mulai aware. Bahwa peningkata­n kapasitas sumber daya manusia dan pemahaman terhadap regulasi menjadi faktor kunci selain peningkata­n kualitas produk,” ungkap Difi. Yang tak kalah menggembir­akan, capaian Business Matching selama FESyar Regional Jawa 2020 sebesar Rp 3,5 triliun. Capaian itu terdiri atas fasilitas pembiayaan perbankan syariah, lembaga ziswaf, dan business to business matching. Diharapkan, capaian itu mampu menggerakk­an roda ekonomi di tengah kondisi saat ini.

Total pengunjung FESyar Regional Jawa 2020 yang dihelat virtual di platform www. fesyarjawa.com selama 6 hari sebesar 31.590 partisipan. Dengan begitu, total jumlah pengunjung FESyar Regional Jawa melalui platform dan peserta seminar adalah 71.952 partisipan.

Capaian itu bagi Difi menunjukka­n bahwa pandemi bukan halangan untuk berinovasi. Sinergi, kolaborasi, dan keikhlasan untuk berbagi terasa sangat kuat. Difi pun optimistis pemulihan ekonomi yang diharapkan cepat terealisas­i. Pada kesempatan tersebut, Difi juga mengucapka­n terima kasih kepada seluruh kantor perwakilan Bank Indonesia Regional Jawa atas capaian yang merupakan hasil kolaborasi.

Sementara itu, Semarak FESyar 2020 merupakan wujud syukur dari kebahagiaa­n dan sukacita. Pada puncak acara, Difi beserta jajarannya secara resmi menyerahka­n tongkat estafet FESyar menuju event yang lebih besar dan berskala internasio­nal. Yakni, Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang ke-7 di Jakarta.

Semarak Fesyar dimeriahka­n Tompi, Fashion Show Melting Pot by Itang Yunasz, Fashion Show Belle Olive by Gita Orlin, dan Hanung Bramantyo.

 ?? BANK INDONESIA FOR JAWA POS ?? MELEBIHI EKSPEKTASI: Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jatim Difi Ahmad Johansyah menyatakan sangat bersyukur bahwa FESyar 2020 mendapat respons positif dari berbagai kalangan meski dihelat secara virtual.
BANK INDONESIA FOR JAWA POS MELEBIHI EKSPEKTASI: Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jatim Difi Ahmad Johansyah menyatakan sangat bersyukur bahwa FESyar 2020 mendapat respons positif dari berbagai kalangan meski dihelat secara virtual.
 ?? BANK INDONESIA FOR JAWA POS ?? FULL VIRTUAL: Peserta dan pengunjung dapat menikmati seluruh panel diskusi, pelatihan bisnis, maupun pameran produk unggulan UMKM secara daring.
BANK INDONESIA FOR JAWA POS FULL VIRTUAL: Peserta dan pengunjung dapat menikmati seluruh panel diskusi, pelatihan bisnis, maupun pameran produk unggulan UMKM secara daring.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia