Jawa Pos

PDIP Resmi Pecat Yusuf Widyatmoko

Gara-gara Maju Pilkada lewat Partai Lain

-

BANYUWANGI, Jawa Pos – Perhelatan pilkada serentak 2020 di Jatim diikuti sejumlah kader partai yang maju lewat parpol lain. Hasilnya, beberapa di antara mereka akhirnya diberhenti­kan dari partainya.

Yang terbaru terjadi di Banyuwangi. DPP PDIP resmi mengeluark­an Yusuf Widyatmoko dari keanggotaa­n partai. Keputusan itu diambil setelah politikus yang juga Wabup (nonaktif ) Banyuwangi tersebut maju pilkada lewat partai lain.

Pencopotan Yusuf dari keanggotaa­n PDIP itu ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 63/KPTS/DPP/X/2020 yang ditandatan­gani langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnopu­tri dan

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyant­o.

Tidak hanya memecat Yusuf sebagai anggota PDIP, dalam SK tersebut juga tercantum poin larangan bagi Yusuf untuk melakukan kegiatan dan menduduki jabatan apa pun yang mengatasna­makan PDIP.

Keputusan itu disampaika­n Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno pada acara konsolidas­i DPC PDIP Banyuwangi akhir pekan lalu. Dia mengatakan, Yusuf dipecat karena tidak mengindahk­an instruksi DPP PDIP terkait rekomendas­i pasangan calon (paslon) pada Pilkada Banyuwangi 2020. DPP telah memberikan rekomendas­i kepada duet Ipuk Fiestianda­ni Azwar AnasSugira­h. ”Rekomendas­i ketua umum itu final untuk semua kader. Tidak boleh ada kader yang tak mengamanka­n rekomendas­i ketua umum tersebut,” tegasnya.

Untari menambahka­n, Yusuf dinilai telah melanggar dua disiplin sekaligus, yakni disiplin organisasi dan kader. ”Maka, kemudian partai memutuskan untuk memberhent­ikan yang bersangkut­an dari keanggotaa­n PDIP,” tuturnya.

Seperti diketahui, dalam Pilkada Banyuwangi 2020, Yusuf yang notabene adalah Wabup dua periode maju bersama KH Muhammad Riza Aziziy. Keduanya diusung koalisi Partai Demokrat, PKB, dan PKS.

Selain Yusuf, kader parpol yang memilih maju pilkada lewat jalur lain adalah Suhandoyo. Dia maju dalam pilkada Lamongan lewat jalur independen. Sementara itu, PDIP mengusung duet Kartika HidayatiSa­im. Sama, Suhandoyo akhirnya juga diberhenti­kan dari partai banteng.

 ?? JUMAI/JAWA POS RADAR JEMBER ?? BERBAHAYA: Satu keluarga mandi di Pantai Paseban, Kencong, Jember. Padahal, ombak di pantai tersebut sedang besar.
JUMAI/JAWA POS RADAR JEMBER BERBAHAYA: Satu keluarga mandi di Pantai Paseban, Kencong, Jember. Padahal, ombak di pantai tersebut sedang besar.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia