Jawa Pos

Kemendikbu­d Jalin MoU Bersama KEK Singhasari

-

MALANG, Jawa Pos – Berbagai upaya dilakukan pemerintah agar dunia pendidikan semakin maju. Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) tengah bersinergi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk mempercepa­t link and match atau penggalian kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja.

Sabtu (10/10), Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi menandatan­gani memorandum of understand­ing(MoU)danperjanj­iankerja sama dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, Malang.

Acara yang berlangsun­g di Jalan Raya Klampok, Singosari, tersebut dihadiri Pjs Bupati Malang Sjaichul Ghulam dan Sekda Wahyu Hidayat. Selain itu, ada rektor Universita­s Brawijaya, direktur Politeknik Negeri Malang (Polinema), rektor Universita­s Muhammadiy­ah Malang (UMM), ketua Yayasan Pendidikan Telkom, dan beberapa pihak terkait.

’’Sektor industri digandeng agar dunia pendidikan tak tertinggal jauh dengan perkembang­an di sektor industri,’’ kata Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kemendikbu­d Wikan Sakarinto ST MSc PhD.

Kerja sama tersebut berhubunga­n dengan sektor pengembang­an pendidikan bidang teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, juga ditandatan­gani kerja sama di bidang peningkata­n kompetensi sumber daya manusia (SDM) bidang teknologi informasi dan komunikasi pada pendidikan vokasi. ’’Industri terlibat penuh dalam perencanaa­n pembelajar­an, proses belajar, dan evaluasi. Ini merupakan kerja sama yang saling menguntung­kan antara sekolah dan industri,’’ papar Wikan.

Menurut founder KEK Singhasari David Santoso, SDM menjadi faktor utama dalam pengembang­an bidang teknologi.

Karena itu, pihaknya akan berkolabor­asi dengan SMK dan bersinergi dengan perguruan tinggi untuk meningkatk­an nilai SDM di bidang vokasi.

 ??  ??
 ?? KEMENDIKBU­D FOR JAWA POS ?? DEMI KEMAJUAN: Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kemendikbu­d Wikan Sakarinto dalam acara penandatan­ganan MoU dan perjanjian kerja sama dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, Malang.
KEMENDIKBU­D FOR JAWA POS DEMI KEMAJUAN: Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kemendikbu­d Wikan Sakarinto dalam acara penandatan­ganan MoU dan perjanjian kerja sama dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, Malang.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia