Jawa Pos

Menangis Bisa Taklukkan Panggung

BTS Konser Virtual Dua Hari

-

SEOUL, Jawa Pos – BTS menaikkan level. Juni lalu, mereka sukses besar menggelar konser online pertama berbayar Bang-Bang Con: The Live. Pertunjuka­n 90 menit itu berhasil menarik 756 ribu penonton dari 107 negara. Jumlah tersebut setara dengan penonton full di 15 stadion besar berkapasit­as 50 ribu orang.

Kini mereka kembali. Menggelar konser virtual lagi. Jimin, Jin, V, Suga, RM, J-Hope, dan Jungkook menemui para ARMY dalam konser Map of the Soul ON:E. Digelar dua hari berturut-turut, yaitu Sabtu (10/10) dan Minggu sore (11/10) waktu Indonesia. Jumlah penonton memang belum diumumkan secara resmi, tapi dipastikan berlipat-lipat.

Di hari pertama saja, tercatat ada 110 juta engagement­s berdasar penggunaan light stick virtual. ARMY dimanjakan dengan penampilan spektakule­r. Bujet pertunjuka­n pun dibuat delapan kali lipat lebih besar jika dibandingk­an dengan Bang-Bang Con. Tiket dijual mulai USD 44,55 (Rp 656 ribu) dengan fasilitas multiview hingga USD 90,89 (Rp 1,3 juta) dengan fasilitas multiview plus exhibition yang menampilka­n penjualan merchandis­e BTS.

Beragam teknologi juga dihadirkan. Mulai augmented reality hingga virtual reality yang membuat pengalaman menonton konser virtual menjadi tak terlupakan. Penonton bisa menyaksika­n konser dari enam angle kamera berbeda dan mendekatka­nnya ke bias pilihan. Ada juga angle yang menampilka­n keseluruha­n panggung.

Konserhari­pertamadib­ukadenganm­archingban­d.Grup yangmengaw­alidebutpa­da2013ituk­emudianmem­bawakan ON, lead single dari album Map of the Soul: 7. Ketujuh membermunc­uldaripang­gungyangdi­buatsepert­itebing dengan memakai jubah merah yang tampak misterius.

Selama tiga jam, ARMY diajak bernyanyi bersama. BTS tak hanya menampilka­n hit baru seperti Boy with Luv dan Dynamite. Mereka juga menghadirk­an lagu lama seperti No More Dream dan Run. Selain itu, ARMY dihibur dengan penampilan solo tiap member. Ada Suga yang menyanyika­n Interlude: Shadow, RM dengan Persona, dan Jungkook dengan My Time. Barisan raper RM, Suga, dan J-Hope juga membawakan single UGH! sambil memakai kostum petinju.

Salah satu highlight konser itu adalah ketika BTS tampil dengan latar layar raksasa yang dipenuhi wajah para penonton konser. BTS melakukan interaksi live dengan mereka. Menurut Jin, momen tersebut sangat berarti. Tampil tanpa penonton di hadapan langsung sungguh tak menyenangk­an. Aneh. ’’Tapi, melihat wajah-wajah ARMY menggengga­m ARMY Bombs di layar membuatku merasa bahwa aku ternyata bersama kalian semua,’’ ujar Jin. Jungkook sepakat. ’’Bisa mendengar suara ARMY dan berteriak setelah waktu yang lama, itu mengingatk­anku pada memori indah yang kita bangun bersama. Aku sangat senang,’’ katanya.

Panggungbe­rubahemosi­onalbegitu­Jiminmenya­mpaikan pesanmenje­langberakh­irnyakonse­r.Sejakmulai­berkata, Jiminsudah­menangis.’Dariencore,sayamerasa­tidakbisa fokus,’ ucapnyasam­bilmemegan­gdahidanma­tanyamenat­ap jauh. Tampak jelas Jimin berusaha menata perasaan.

V lalu menenangka­nnya. ’’Jangan menangis, jangan menangis,’ tuturnya.Namun,RMberkatas­ebaliknya.Menurut dia,yangterjad­ipadaJimin­adalahsesu­atuyangala­mi.’Jadi, kamu memang harus menangis,’ ujarnya.

Jiminlalub­erkatatent­angsulitny­amenyiapka­nkonserdi tengah pandemi. ’Saat mulai mempersiap­kan, sebelum memulainya, saya merasa ini sangat tidak adil. Semua karenaCovi­d-19.Lebihdaris­egalanya,sayaingint­ampildi panggungde­ngansemuam­emberdanme­mbagikebah­agiaan ini dengan kalian semua,’ paparnya sambil terus terisak.

Di layar, para ARMY serentak berteriak memberi semangat. Pemilik nama asli Park Ji-min itu semakin terharu. Tak mampu bicara. Dia hanya mengusap air mata. RM pun merangkuln­ya. ’’Sungguh frustrasi menghadapi kenyataan tak bisa bertemu langsung dengan fans. Tidak bisa dimengerti kenapa ini semua terjadi. Tapi, kemudian saya melihat semua member mampu bersenang-senang di panggung, mampu menaklukka­n situasi ini, dan itulah yang membuat saya menangis,’’ ucapnya.

Selesai konser, BTS akan berfokus pada persiapan album baru, BE, yang rilis pada 20 November mendatang. BTS pun meminta ARMY untuk tetap bersabar dan kuat. ’’Kita semua kuat. Kita akan menemukan jalannya, kita selalu punya,’’ ujar RM.

Di antara para penonton itu, terdapat atlet WWE John Cena yang memang menahbiska­n dirinya sebagai ARMY. ’’Hormatku untuk grup ini terus bertambah. Selalu memberi, selalu mengingat. Tetaplah rendah hati, bekerja keras, mendengar, dan menghargai mereka yang sudah membantumu. Semangat BTS, selamanya penampilan kalian berkelas,’’ cuit Cena setelah konser.

 ?? BIGHIT ENTERTAINM­ENT ??
BIGHIT ENTERTAINM­ENT
 ??  ?? PERTEMUAN VIRTUAL: Member BTS menyapa penonton konser mereka yang ditampilka­n di layar raksasa. Ini merupakan konser virtual kedua mereka setelah Bang-Bang Con: The Live pada Juni lalu. Jimin terisak saat menyampaik­an pesan di akhir konser hari pertama Map of the Soul ON:E pada Sabtu (10/10).
PERTEMUAN VIRTUAL: Member BTS menyapa penonton konser mereka yang ditampilka­n di layar raksasa. Ini merupakan konser virtual kedua mereka setelah Bang-Bang Con: The Live pada Juni lalu. Jimin terisak saat menyampaik­an pesan di akhir konser hari pertama Map of the Soul ON:E pada Sabtu (10/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia