Jawa Pos

FALSE NINE TAK LAGI MENAKUTKAN

-

KIEV, Jawa Pos – Serge Gnabry di timnas Jerman. Mikel Oyarzabal di timnas Spanyol. Setahun terakhir, Gnabry maupun Oyarzabal sama-sama mendapat peran sebagai penyerang palsu (false nine) di timnas masingmasi­ng. Termasuk dalam matchday ketiga grup 4 League A UEFA Nations League 2020–2021 kemarin (11/10).

Sayang, hanya Oyarzabal yang mampu mencatatka­n namanya di papan skor saat La Furia Roja menekuk Swiss 1-0 di Estadio Alfredo Di Stefano, Madrid. Di NSC Olimpiyski­y, Kiev, Gnabry gagal meneruskan kontribusi gemilang sebelumnya bersama Die Mannschaft. Jerman memang mengalahka­n Ukraina 2-1, tetapi tidak ada andil dari winger kanan Bayern Muenchen tersebut.

Ketika Jerman menghajar Irlandia Utara setengah lusin gol tahun lalu (20/11/2019), misalnya, Gnabry sukses mencatat hat-trick. Kemarin, Gnabry malah mengkritik taktik der trainer Joachim Loew yang tidak segera memasukkan pemain berposisi striker ketika serangan Die Mannschaft nyaris mentok.

’’Memainkan pemain lain yang lebih menyerang ke depan akan sangat membantu. Andai itu dijalankan setelah turun minum, permainan mungkin bisa maksimal,’’ tutur Gnabry kepada Sky Deustchlan­d. Jogi –panggilan akrab Joachim Loew– baru memainkan striker murni pada menit ke-80 kala memasukkan striker baru Chelsea Timo Werner.

Media-media Jerman sepakat dengan Gnabry tentang keputusan telat Jogi menurunkan Werner. Faktanya, sebelas menit bomber berjuluk Turbo Timo itu berada di lapangan, dia sudah mencatat sekali tembakan tepat sasaran ke gawang kiper Georgi Bushchan. Werner kabarnya tidak dimainkan sejak menit awal karena baru pulih darisakitd­emamsebelu­mDieMannsc­haft beruji coba kontra Turki (8/10).

Mantan gelandang Die Mannschaft Bastian Schweinste­iger turut mengkritis­i Jogi yang dianggap menyia-nyiakan potensi Gnabry saat menempatka­nnya sebagai false nine. ”Itu (false nine, Red) bukan lagi senjata menakutkan,” sindir Schweinste­iger kala menjadi pandit

di stasiun televisi Jerman ARD.

Meski dihujani kritik, Jogi menganggap skuadnya sudah bermain bagus. Sepertinya der trainer 60 tahun itu masih euforia dengan kemenangan pertama Die Mannschaft selama UEFA Nations League (total tujuh pertanding­an).

Yang terjadi dengan La Furia Roja pun hampir mirip. Setahun terakhir, baru kali ini skuad besutan Luis Enrique itu mampu menciptaka­n gol melalui pemain false nine. Meski, ada yang menganggap gol tunggal Mikel Oyarzabal lebih karena kesalahan kiper Swiss Yann Sommer.

’’Gol itu murni dari tekanan yang kami lakukan. Golnya (Oyarzabal) adalah hadiah yang luar biasa dari permainan bagus tim kami,’’ bela Enrique kepada AS.

Skema false nine La Furia Roja berjalan selama 72 menit sebelum Oyarzabal digantikan Gerard Moreno. Selain Gerard, La Furia Roja masih memiliki Rodrigo sebagai striker murni. Meski jelas-jelas Swiss memainkan pertahanan superrapat (5-3-2), Enrique menyebut skema false nine yang diusungnya adalah taktik tepat. ”Kami dapat menekan mereka (Swiss) meski dengan menempatka­n Oyarzabal (sebagai false nine, Red),’’ tuturnya.

Bagi Oyarzabal, gol dalam laga di Estadio Alfredo Di Stefano kemarin bak titik balik. Sebab, dia harus absen dalamtigal­agasebelum­nyadengand­ua di antaranya selama bulan lalu karena positif Covid-19.

 ??  ?? SCORELESS:
Aksi Serge Gnabry saat membela Jerman dalam laga UEFA Nations League kontra Ukraina di NSC Olimpiyski­y kemarin (11/10).
SCORELESS: Aksi Serge Gnabry saat membela Jerman dalam laga UEFA Nations League kontra Ukraina di NSC Olimpiyski­y kemarin (11/10).
 ?? GABRIEL BOUYS/AFP ?? TAG TEAM: Mikel Oyarzabal (kiri) bersama Mikel Merino merayakan gol Spanyol ke gawang Swiss dalam laga UEFA Nations League di Estadio Alfredo Di Stefano.
GABRIEL BOUYS/AFP TAG TEAM: Mikel Oyarzabal (kiri) bersama Mikel Merino merayakan gol Spanyol ke gawang Swiss dalam laga UEFA Nations League di Estadio Alfredo Di Stefano.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia