Jawa Pos

Rumah Kemalingan, Hotel Terancam Bangkrut

-

LISBON, Jawa Pos – Memiliki penghasila­n lebih dari Rp 1 triliun per tahun semestinya membuat megabintan­g timnas Portugal dan Juventus Cristiano Ronaldo tak perlu risau uangnya lenyap dalam sekejap. Tetapi, dua kejadian tak terduga dalam waktu kurang dari sepekan terakhir lumayan membuat CR7 cemas.

Yang pertama terjadi tiga hari lalu saat kediamanny­a di Madeira, Portugal, disatroni maling. Kemarin (11/10) hotelnya yang juga di Madeira, Pestana CR7, terancam bangkrut. Bisnis hotel yang dijalani Ronaldo merupakan kolaborasi pemain 35 tahun itu dengan bos Pestana Hotel Group Dionisio Pestana.

Pestana CR7 yang berlokasi di Funchal atau sekitar 20 menit naik mobil dari Bandara Cristiano Ronaldo itu sekarangsu­dahditutup.Penyebabny­a, jumlah pengunjung yang menurun drastis dalam tujuh bulan terakhir atau selama pandemi Covid-19.

Hal itu terjadi karena hilangnya 80 persen turis yang setiap tahun ratarata mengunjung­i Madeira. ”Sangat mungkin Pestana CR7 di Funchal tidak akan dibuka lagi,” tulis AS.

Ronaldo masih memiliki Pestana

CR7 lainnya di ibu kota Portugal, Lisbon. Tapi, selain rumor diubah menjadi rumah sakit bagi pasien Covid-19, hotel tersebut bak hidup segan mati tak mau. Tak lama lagi juga akan bangkrut. Buktinya, mereka mulai menurunkan harga kamar ratarata nyaris 50 persen. Sebagai contoh, kamar reguler yang awalnya bertarif EUR 150 (Rp 2,6 juta) per malam kini menjadi hanya EUR 77 (Rp 1,3 juta).

”Yang menimpa dua hotel di Portugal itu bisa berimbas pada mundur atau malah batalnya rencana Ronaldo yang ingin membuka Pestana CR7 di luar Portugal,” tulis Marca. Sejauh ini, Manchester dan

Madrid masuk dalam rencana prioritas cabang Pestana CR7 lantaran Ronaldo pernah memperkuat Manchester United dan Real Madrid.

Imbas lainnya, peraih lima kali Ballon d’Or itu menjadwal ulang launching pusat perbelanja­an di Madrid. Padahal, gedung yang bakal dinamai Pestana CR7 Gran Via itu sudah menelan anggaran pembanguna­n EUR 15 juta (Rp 261,5 miliar).

Begitu pula agenda grand opening hotel di Picadilly Gardens (taman di tengah Kota Manchester) senilai GBP 30 juta (Rp 523 miliar) pada 2023. Proyek tersebut terancam berantakan.

 ?? PESTANA CR7 ?? TUTUP: Hotel milik Cristiano Ronaldo (inset), Pestana CR7, di Madeira, Portugal, saat ini berhenti beroperasi karena pengunjung yang turun drastis selama pandemi Covid-19.
PESTANA CR7 TUTUP: Hotel milik Cristiano Ronaldo (inset), Pestana CR7, di Madeira, Portugal, saat ini berhenti beroperasi karena pengunjung yang turun drastis selama pandemi Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia