Jawa Pos

Tangkal Covid-19 di Transporta­si Umum

Sadar Lindungi dan Orang Lain Diri

-

PANDEMI Covid-19 mengubah seluruh kebiasaan masyarakat dalam beraktivit­as. Termasuk dalam bepergian menggunaka­n transporta­si umum. Penerapan protokol kesehatan pun mutlak dilakukan. Tujuannya tentu demi kebaikan bersama dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

Masyarakat juga diimbau konsisten dan disiplin menerapkan imbauan pemerintah. Sebab, kendaraan umum merupakan satu di antara sejumlah ruang publik yang berpotensi menjadi klaster baru persebaran Covid-19.

Gugus Tugas Nasional meminta setiap individu untuk mengutamak­an protokol kesehatan guna mengurangi risiko terpapar Covid-19. Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Sonny Harry B. Harmadi menyampaik­an bahwa masyarakat harus memiliki kesadaran untuk melindungi diri sendiri. ’’Penggunaan masker akan menurunkan risiko tertular atau menularkan Covid19 sampai 85 persen,’’ ungkapnya.

Menurut Sonny, selain penggunaan masker, masyarakat wajib membawa hand sanitizer untuk membersihk­an tangan. Jangan lupa menjaga jarak di transporta­si umum. ’’Kita harus sadar dengan kewajiban kita untuk melindungi orang lain,’’ ujarnya. Sebaiknya tidak naik transporta­si umum terlebih dulu jika sedang tidak sehat.

Sonny menuturkan, pihaknya bakal terus mengevalua­si pencegahan dan penanganan Covid-19 di transporta­si umum. Termasuk menampung masukan dari berbagai pihak. Masukan-masukan tersebut digunakan sebagai bahan pertimbang­an pembuatan keputusan.

Pihaknya juga akan berkomunik­asi langsung dengan operator transporta­si umum dan memberikan arahan tentang kebijakan pencegahan Covid-19. Misalnya, operator kereta api, stasiun, dan terminal. Melalui para operator tersebut, penegakan protokol kesehatan diharapkan dapat digaungkan secara terus-menerus.

Baikmelalu­ipengumuma­n,mengingatk­an penumpang berkali-kali, maupun penerapan sanksi. ’’Tapi tentu sanksi yang tidak berat,’’ imbuh Sonny.

Hal serupa diutarakan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr Reisa Broto Asmoro. Dia menyatakan bahwa perubahan perilaku saat menggunaka­n transporta­si umum tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat dan instan. ’’Karena itu, penting bagi kita untuk mempraktik­kan protokol kesehatan setiap hari,’’ tuturnya.

Sejumlah peraturan pun diterapkan di beberapa moda transporta­si umum. Di antaranya, kewajiban mengenakan masker, pembatasan jumlah penumpang, pemberian jarak tempat duduk antar penumpang, larangan berbicara secara langsung, pengukuran suhu tubuh, serta anjuran mengenakan pakaian lengan panjang.

 ?? KHUSAINI/JAWA POS ?? 12 OKTOBER
PEMBERSIHA­N RUTIN: Seluruh ruangan di pelabuhan dan kapal laut disemprot dengan menggunaka­n disinfekta­n secara berkala. Pembersiha­n rutin juga dilakukan untuk fasilitas atau tempattemp­at yang kerap dilewati penumpang.
KHUSAINI/JAWA POS 12 OKTOBER PEMBERSIHA­N RUTIN: Seluruh ruangan di pelabuhan dan kapal laut disemprot dengan menggunaka­n disinfekta­n secara berkala. Pembersiha­n rutin juga dilakukan untuk fasilitas atau tempattemp­at yang kerap dilewati penumpang.
 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ??
ROBERTUS RISKY/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia