Jawa Pos

Simpang Susun Romokalisa­ri Ditargetka­n Beroperasi Juli 2021

-

SURABAYA, Jawa Pos Pengurukan tanah sudah terlihat di area pembanguna­n modifikasi simpang susun tol Romokalisa­ri. Pile test atau uji coba tiang pancang juga dilakukan kemarin (11/10). Tiang pancang sepanjang 42 meter ditancapka­n ke dalam tanah. ’’Kami pastikan dulu apakah sesuai perhitunga­n awal,’’ ucap pimpinan proyek modifikasi simpang susun Romokalisa­ri Christian Halim.

Pengerjaan dilakukan dengan metode pile slab dan jembatan, menyesuaik­an dengan keadaan tanah. Pengerjaan dimulai bulan ini dan ditargetka­n beroperasi pada 10 bulan mendatang

’’Akhir Juli 2021 sudah bisa digunakan. Jadi, bisa mendukung Piala Dunia U-20 pada September 2021 nanti,’’ papar Halim.

Jalan yang dikerjakan PT Margabumi Matraraya tersebut sepanjang 1,6 kilometer. Lebar total bahu jalan dan jalur lalu lintas mencapai 13,5 meter.

Sepanjang 1,1 kilometer akan terhubung dengan jalur tol

Surabaya-Gresik yang sudah ada, kemudian membentuk interchang­e baru dan mengarah ke selatan. Ruas tersebut didesain dengan dua jalur, masing-masing dua lajur. Pihaknya juga akan menambah lebar ramp menjelang simpang susun. Baik dari maupun menuju arah Tandes dan Kebomas, Gresik. Hal tersebut dilakukan agar pengendara lebih aman saat menemui persimpang­an.

’’Setelah itu, ada gate tol, nantinya dinamai tol Romokalisa­ri 2,’’ jelas Halim. Sementara itu, pintu tol Romokalisa­ri yang sudah ada saat ini dinamai pintu tol Romokalisa­ri 1.

Jalur tersebut akan dikelola sendiri oleh PT Margabumi Matraraya. Sisa 509 meter akan menghubung­kan gerbang tol Romokalisa­ri 2 menuju cross section dari empat arah. Di antaranya, dengan akses GBT, JLLB, dan flyover Teluk Lamong.

 ?? RIANA SETIAWAN / JAWA POS ?? BAKAL DIKEBUT: Proyek pembanguna­n simpang susun Romokalisa­ri menuju Stadion GBT ditargetka­n rampung pada Juli tahun depan. Jalur tersebut akan tersambung dengan tiga proyek jalan, yakni akses GBT, flyover Teluk Lamong, dan JLLB.
RIANA SETIAWAN / JAWA POS BAKAL DIKEBUT: Proyek pembanguna­n simpang susun Romokalisa­ri menuju Stadion GBT ditargetka­n rampung pada Juli tahun depan. Jalur tersebut akan tersambung dengan tiga proyek jalan, yakni akses GBT, flyover Teluk Lamong, dan JLLB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia