Jawa Pos

Tantangan Tangani Kecelakaan Pesawat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Bandara Internasio­nal Juanda mengadakan airport rescue and firefighti­ng (ARFF) challenge. Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatk­an performa personel pemadam kebakaran. Terlebih jika terjadi kecelakaan pesawat.

PTS General Manager Bandar Udara Internasio­nal Juanda MMA Indah Preastuty menyatakan, ARFF challenge itu diselengga­rakan secara rutin. Misinya, menguji ketangkasa­n, keterampil­an, serta stamina para petugas pemadam kebakaran bandara. ”Mereka harus siap siaga menangani situasi krisis. Khususnya yang terjadi di wilayah Bandara Juanda,” katanya kemarin (11/10).

Dalam kegiatan tersebut, peserta harus menghadapi berbagai rintangan. Misalnya, berlari memutari gedung ARFF dengan memakai APD lengkap. Lalu, peserta juga harus melewati rintangan berupa mengangkat ban dan gelar slang serta tali samping. Termasuk memadamkan api dengan kain.

Kemudian, dilanjutka­n penerapan basic life support. Kekuatan fisik dan kemampuan petugas juga diuji. Misalnya, saat menggunaka­n alat dan panjat tali untuk proses evakuasi. Mereka juga wajib menjawab pertanyaan yang diajukan panitia. ”Ini memang dilakukan untuk uji ketangkasa­n,” jelas Indah.

Dia menuturkan, semua personel harus mampu menerjemah­kan SOP pada setiap tindakan saat operasi penanganan kecelakaan pesawat. Karena itu, petugas harus menguasai medan dan profesi yang dijalankan. ”Kecepatan, ketepatan, dan kerja sama menjadi penting dan sangat diperlukan,” terangnya.

Kegiatan itu, kata Indah, harus tetap dilakukan meski di tengah situasi pandemi. Semua peserta juga wajib lebih dulu mengikuti rapid test untuk mendeteksi kondisi antibodi. Diharapkan, para peserta dinyatakan nonreaktif.

 ?? AP I JUANDA FOR JAWA POS ?? HARUS SIGAP: Kebakaran merupakan salah satu tantangan dalam menangani kecelakaan pada pesawat.
AP I JUANDA FOR JAWA POS HARUS SIGAP: Kebakaran merupakan salah satu tantangan dalam menangani kecelakaan pada pesawat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia