Jawa Pos

91 Bidang Tanah Appraisal Dibayar

Tersisa Enam Orang Yang Belum Menerima Pembayaran

-

SURABAYA, Jawa Pos – Satu per satu Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama kantor pertanahan (kantah) I menyelesai­kan pekerjaan rumah (PR) pembanguna­n proyek jalan lingkar luar barat (JLLB). Sejak bulan lalu, puluhan bidang tanah milik warga yang terimbas pekerjaan strategis itu mulai mendapatka­n kucuran rupiah.

JLLB akan dibangun dengan melintasi kawasan RW 9, Sememi, Kecamatan Benowo, hingga Lakarsantr­i. Kasi Pengadaan Tanah Kantah I Musleh mengatakan, pihaknya berusaha menyelesai­kan pengukuran hingga pembayaran terhadap bidang tanah yang dilewati JLLB. Ada 99 bidang tanah yang telah di-appraisal oleh kantah I. ’’Kami terus rampungkan secepatnya,” ujarnya.

Pada Selasa (6/10), lanjut Musleh, kantah I telah membayar 50 bidang tanah. Puluhan tanah itu dimiliki 48 orang. Sebelum pembayaran pada tanggal tersebut, kantah I telah membayar 41 bidang tanah.

Secara terpisah, Ketua RW 9 Sememi Hambali menyatakan bahwa ada 86 bidang tanah yang telah di-appraisal oleh kantah I untuk kepentinga­n JLLB. Dia menyebutka­n, masyarakat yang terimbas cukup kooperatif. ’’Dokumendok­umen diminta dikumpulka­n, ya dikumpulka­n,” tuturnya.

Hambali menambahka­n, di antara 86 pemilik bidang tanah tersebut, 32 nama pemilik telah menerima pembayaran dari pemkot pada gelombang pertama. Yakni, pada 4 September lalu. Jadi, jika ditotal, 80 pemilik bidang tanah telah mendapatka­n pembayaran ganti rugi dari pemkot. Tersisa enam pemilik bidang tanah yang belum dibayar.

JLLB memikul ekspektasi yang besar dari Pemkot Surabaya. Tri Rismaharin­i selaku wali kota Surabaya berkeingin­an JLLB mampu memberikan kemudahan terhadap akses mobilitas tahun depan. Tepatnya pada tahun depan saat perhelatan FIFA Piala Dunia U-20.

JLLB dibangun dengan desain melintasi Jalan Sememi, Benowo, dan akan ada elevasi di atas rel kereta api. Proyek JLLB digagas kali pertama pada 2015. Dana yang digunakan murni dari APBD Kota Surabaya dan diperkirak­an menyedot anggaran hingga Rp 132 miliar.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? AKSES: Proyek jalan lingkar luar barat (JLLB) di kawasan Benowo sedang dikerjakan. Lahan milik warga akan dibebaskan untuk menuntaska­n proyek tersebut.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS AKSES: Proyek jalan lingkar luar barat (JLLB) di kawasan Benowo sedang dikerjakan. Lahan milik warga akan dibebaskan untuk menuntaska­n proyek tersebut.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia