Jawa Pos

Sita 7 Slof Rokok dan Obat Kuat

Dari Barang Bawaan Pasien RSLI

-

SURABAYA, Jawa Pos - Tak hanya memantau kesehatan, petugas Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Kogabwilha­n II Surabaya juga mengontrol kebersihan dan keamanan terhadap pasien. Ketua Pelaksana Pendamping Pasien Covid RSLI Kogabwilha­n II Jawa Timur Radian Jadid menjelaska­n, aktivitas tersebut dilakukan setiap Sabtu.

”Selain dekontamin­asi di lingkungan rumah sakit, ada pengamanan terhadap barang bawaan pasien. Kami menemukan banyak obat yang tidak sesuai SOP RSLI,” katanya kemarin (11/10). Misalnya, ramuan dari Tiongkok dan beberapa obat. Termasuk obat kuat.

Radian mengungkap­kan, kontrol keamanan itu dilakukan sejak awal skrining di pos penjagaan serta telah dilakukan penyortira­n. Namun, kata dia, masih ada saja keluarga pasien yang menyelipka­n beberapa obat yang tidak sesuai dengan ketentuan RSLI. ”Jadi, sortir itu mempercepa­t kesembuhan. Jangan sampai asupan yang dibawa itu malah membahayak­an kesehatan,” jelasnya. ”Kami juga menemukan rokok maupun yang jenis elektrik,” lanjutnya.

Untuk mengantisi­pasi hal serupa, pihaknya bersama petugas keamanan di pintu registrasi melakukan pengetatan dalam memeriksa. Sebab, dalam sehari, kiriman paket, baik dari keluarga maupun yang dipesan sendiri melalui aplikasi online itu, bisa mencapai 8–15 paket.

Ketika ditanya hasil pengamanan jumlah rokok oleh petugas, Kepala Sie Ops dan Urdal RSLI Kogabwilha­n II Letnan Satu CKM Andi Army mengungkap­kan, dalam program Sabtu bersih itu, diamankan 7 slof rokok berbagai merek. Dia menyatakan, barang-barang tersebut langsung dimusnahka­n. ”Terbaru tiga slof. Itu total sejak empat bulan terakhir. Kalau rokok elektrik, kami simpan dan nanti dikembalik­an,” ungkapnya.

Andi menyatakan, program kebersihan dengan dekontamin­asi dan pengamanan barang-barang pasien itu benar menunjang untuk mempercepa­t kesembuhan pasien. Dia melanjutka­n, hingga kemarin (11/10) dalam wisuda ke-110, jumlah yang lulus atau dinyatakan sembuh mencapai 23 orang, dengan total keseluruha­n pasien sembuh 2.524 orang.

 ?? AZAMI RAMADHAN/JAWA POS ?? SUDAH SEMBUH: Sejumlah pasien yang telah ’’lulus’’ dari RSLI.
AZAMI RAMADHAN/JAWA POS SUDAH SEMBUH: Sejumlah pasien yang telah ’’lulus’’ dari RSLI.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia