Jawa Pos

Penuhi Empat Truk dengan Sampah Plastik

-

SURABAYA, Jawa Pos – Menjelang musim hujan, pembersiha­n sampah berskala besar terhadap saluran air dilakukan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya. Misalnya, di Sungai Pegirian kemarin (11/10). Dalam beberapa hari terakhir, sampah plastik menumpuk di sungai.

Banyaknya sampah dan endapan lumpur membuat DKRTH bersama dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP) menerjunka­n alat berat di titik lokasi. Tiga truk berisi sampah plastik diangkut. Setelah sampah dibersihka­n, pengerjaan dilanjutka­n dengan normalisas­i sungai. ’’Pembersiha­n sampah dimulai sejak kemarin (Sabtu, 10/10). Total empat truk sampah yang diangkut,’’ kata Koordinato­r Satgas Kebersihan Wilayah Utara DKRTH Surabaya Atang Wibowo di lokasi kemarin (11/10).

Pembersiha­n berlangsun­g pukul 06.30–10.30. Sebanyak 20 personel diterjunka­n. Selain di Sungai Pegirian, pembersiha­n dilanjutka­n di titik lainnya. Di antaranya, Sungai Jatisrowo dan Sungai Tambak Wedi.

Bukan hanya sungai, pembersiha­n sampah di aliran drainase juga dilakukan. Salah satunya pembersiha­n sampah di sepanjang saluran air Jalan Tenggumung. Banyaknya sampah yang mengendap membuat pembersiha­n dilakukan berhari-hari hingga menutup satu ruas jalan. Sampah menumpuk karena drainase di Jalan Tenggumung merupakan titik pertemuan dengan saluran air. Beberapa saluran air di Jalan Wonokusumo dan Jalan

Kedungmang­u bertemu di Jalan Tenggumung. Belum lagi ruas jalan yang berbelok sehingga membuat sampah tidak mengalir lancar dan terjadi kemampetan. Karena itulah, pembersiha­n harus dilakukan secara manual. Petugas diterjunka­n dan langsung masuk ke goronggoro­ng untuk membersihk­an sampah.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? SEKALIGUS NORMALISAS­I: Alat berat dikerahkan untuk mengangkut sampah yang memenuhi Sungai Pegirian kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS SEKALIGUS NORMALISAS­I: Alat berat dikerahkan untuk mengangkut sampah yang memenuhi Sungai Pegirian kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia