Jawa Pos

RSUD Siapkan Lima Titik Boezem

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Intensitas hujan di Sidoarjo belum terasa. Namun, berbagai pihak telah melakukan persiapan untuk menghadapi musim hujan agar tidak terjadi banjir dan genangan. Salah satunya adalah RSUD Sidoarjo.

Rumah sakit milik pemerintah kabupaten itu mempersiap­kan lima boezem agar air tidak masuk ke dalam ruangan saat hujan. Terutama di IGD, bangunan paling depan yang menjadi jujukan banyak orang itu terkadang terkena imbas air saat hujan lebat.

Lima boezem tersebut dipersiapk­an untuk menampung dan mengalirka­n air ke badan saluran kota. Boezem itu berada di sebelah utara bagian timur rumah sakit yang menampung aliran tadah hujan dari saluran primer utara. Ada juga di sebelah selatan bagian timur yang menampung aliran tadah hujan dari saluran primer selatan.

Satu boezem lagi berada di depan IGD yang menampung aliran tadah hujan dari saluran depan IDG. Saluran depan IGD berfungsi untuk mencegah air dari jalan masuk ke IGD.

Boezem lainnya berada di sebelah utara bagian barat atau samping masjid. Fungsinya, menampung aliran tadah hujan dari saluran primer utara RSUD sekaligus memecah konsentras­i aliran agar tidak bertumpu pada saluran primer utara bagian timur. Boezem terakhir berada di selatan bagian barat atau depan bank sampah. Menampung aliran tadah hujan dari saluran primer selatan.

Boezem itu sekaligus berfungsi memecah konsentras­i aliran agar tidak bertumpu pada saluran primer selatan bagian timur. Boezem di bagian utara dan selatan sampai saat ini masih dikerjakan. Selain mempersiap­kan boezem, pihak RSUD melakukan tindakan lain.

’’Normalisas­i saluran tadah hujan dan gorong-gorong saluran,’’ kata Direktur RSUD Sidoarjo Atok Irawan.

Untuk mengoptima­lkan fungsi boezem, tiap boezem diberi pompa dengan kapasitas debit aliran air yang berbeda.

’’Kami juga telah mengecek pompa. Memastikan pompa berfungsi dengan baik sehingga dapat digunakan untuk mengatasi guyuran air hujan yang tinggi saat musim hujan,’’ ujar Atok.

 ?? MAYA/JAWA POS ?? UTAMA: IGD RSUD Sidoarjo menjadi jujukan warga yang ingin mendapat pengobatan. Bangunan yang berada di depan itu rawan tergenang air saat hujan lebat.
MAYA/JAWA POS UTAMA: IGD RSUD Sidoarjo menjadi jujukan warga yang ingin mendapat pengobatan. Bangunan yang berada di depan itu rawan tergenang air saat hujan lebat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia