Jawa Pos

Rayakan HUT Ke-109 Taiwan secara Virtual

-

SURABAYA, Jawa Pos - Jika sebelum pandemi semua orang atau institusi bisa berpesta merayakan hari lahir dengan meriah dan bertatap muka langsung, berbeda dengan tahun ini. Tahun 2020 mengubah semua kebiasaan lama dengan yang baru. Termasuk pesta peringatan Hari Ulang Tahun Ke-109 Taiwan. Mengikuti perkembang­an adaptasi, pesta untuk merayakan Double Tenth Day itu digelar virtual oleh TETO (Taipei Economic and Trade Office) Surabaya.

Pesta virtual kali ini dibuat dengan video pendek peringatan HUT tersebut. Keberhasil­an pencapaian pencegahan pandemi dan semangat demokrasi di Taiwan menjadi topik utama dalam video itu. Direktur Jenderal TETO Surabaya Benson Lin dalam videonya menjelaska­n bahwa wabah Covid-19 telah melumpuhka­n banyak negara. Termasuk Taiwan.

”Namun, dengan solidarita­s dan kerja sama semua warga, Taiwan telah berhasil mencegah dan mengendali­kan pandemi sehingga tidak meluas. Serta menjadi contoh pencegahan pandemi global dan juga mendapat pujian dari komunitas internasio­nal,” jelasnya. Pencegahan itu pun menghasilk­an kehidupan yang krisis menjadi pulih lebih cepat. ”Dan telah secara aktif menyumbang­kan pasokan medis ke lebih dari 80 negara di seluruh dunia untuk memerangi pandemi,” tambahnya.

Selain itu, dalam video tersebut, pihaknya membahas soal pencapaian politik dan ekonomi. Pada 2020 yang sebentar lagi habis, mereka tetap menekankan semangat demokrasi dan mendemonst­rasikan sistem demokrasi yang berkembang di Taiwan. Dalam video itu, kutipan-kutipan dari Menteri Luar Negeri AS Mr Pompeo dan Menteri Kesehatan Mr Azar juga ditampilka­n. Sebab, Beson Lin sangat optimistis bahwa demokrasi pada akhirnya yang akan mengatasi totalitari­anisme.

”Taiwan sangat yakin bahwa demokrasi adalah nilai universal dan jalan yang harus diambil umat manusia,” tambahnya. Dari situ, dia juga berharap bahwa Indonesia sebagai negara demokrasi dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga di dunia dapat tetap bergandeng­an tangan dengan Taiwan untuk menjaga nilai-nilai demokrasi.

Sementara itu, tokoh politik dan akademisi Surabaya juga turut hadir dalam video perayaan tersebut untuk menyampaik­an ucapan selamat mereka. Hal itu juga menjadi bukti bahwa kedua negara masih menjalin hubungan yang erat meski sudah terjalin bertahunta­hun.

 ?? TETO SURABAYA FOR JAWA POS ?? TANPA TATAP MUKA: Double Tenth Day Taiwan di Surabaya untuk kali pertama dirayakan secara virtual.
TETO SURABAYA FOR JAWA POS TANPA TATAP MUKA: Double Tenth Day Taiwan di Surabaya untuk kali pertama dirayakan secara virtual.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia