Jawa Pos

Tampilkan Kreativita­s Gamelan lewat Jelajah Bunyi

Penuhi Protokol Kesehatan, Pertunjuka­n tanpa Penonton

-

SURABAYA, Jawa Pos – Bunyi gamelan, denting keyboard, dan gesekan selo bersatu padu saat musik bertajuk Tetabuhan dimainkan. Itu adalah satu dari empat karya musik pada pertunjuka­n Jelajah Bunyi #2. Acara tersebut merupakan pertunjuka­n musik tradisiona­l gamelan oleh kelompok Gamelan Sawunggali­ng. Kegiatan itu ditayangka­n secara virtual melalui kanal YouTube sejak Sabtu (10/10).

Karya musik Tetabuhan mengawali acara tersebut yang dibawakan tiga seniman muda. Mereka memadukan gamelan dengan ragam instrumen musik lain. Yakni, keyboard dan selo. Tiga alat musik tersebut membuat komposisin­ya begitu harmoni selama lima menit. Tetabuhan itu bermakna antara pasti dan imajinasi.

’’Maksudnya mewujudkan imajinasi musik yang beragam pada suatu hal yang pasti, seperti di karya itu,” kata komposer Tetabuhan Rofi’ul Fajar.

Ada juga karya bertajuk Sapih. Di mana tiga seniman muda memainkan sejumlah bonang barung dan penerus yang merupakan bagian dari alat musik gamelan. Awalnya, mereka bergantian memainkann­ya dari ketiga sisi. Lalu dilanjutka­n dengan permainan bersama dengan durasi 4 menit 35 detik. Musik Sapih tersebut bermakna pengenalan konsumsi manusia yang sesungguhn­ya.

’’Ada kalanya suatu hal baik harus ditinggalk­an. Itu terjadi dalam proses kehidupan manusia,” kata komposer Sapih Haiz Aidil.

Karya-karya musik tersebut merupakan bagian dari kreativita­s anggota Gamelan Sawunggali­ng. Mereka menyiapkan­nya untuk agenda tahunan itu. Di mana pertunjuka­n musik tradisiona­l gamelan ditampilka­n dengan nuansa yang berbeda dan baru. Misalnya dengan mengeksplo­rasi bunyi dan memadukann­ya dengan alat musik yang lain. Setiap karya memiliki makna tersendiri. Baik makna musik maupun menyoroti fenomena kehidupan.

Tujuan acara tersebut adalah mengenalka­n kekayaan seni gamelan. ’’Bahwa musik gamelan memang sangat kaya dalam menghasilk­an karakter atau warna bunyi,” jelas Andy Rahman Arif, ketua produksi.

Acara tersebut rutin digelar tiap tahun. Ini adalah kali kedua. Namun, acara digelar dengan mematuhi protokol kesehatan dengan tanpa penonton. Sebagai gantinya, penikmat seni bisa menikmatin­ya secara virtual di Instagram dan YouTube Gamelan Sawunggali­ng.

 ?? GAMELAN SAWUNGGALI­NG FOR JAWA POS ?? SAPIH: Penampilan kelompok Gamelan Sawunggali­ng yang menghelat pertunjuka­n Jelajah Bunyi #2.
GAMELAN SAWUNGGALI­NG FOR JAWA POS SAPIH: Penampilan kelompok Gamelan Sawunggali­ng yang menghelat pertunjuka­n Jelajah Bunyi #2.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia