Jawa Pos

Hoax Bagi-Bagi Duit di Aksi Demo Ciptaker

-

ADA pihak-pihak yang berusaha mendiskred­itkan aksi demo menolak UU Cipta Kerja lewat kabar hoax. Bentuknya berupa video seorang bertopi putih yang membagi-bagikan uang kepada banyak orang di tempat terbuka. Lalu, video itu diberi narasi bahwa aksi menolak UU Ciptaker bukan gerakan murni. Melainkan demo bayaran.

”Terang Benderang! Ini Bukti Aksi Demo Tolak UU Cipta Kerja Merupakan Aksi Bayaran Bukan Gerakan Murni. Tulis FP #Mangkok_Sapujagat pd Video yg diunggahny­a 2 hari lalu, 3,6K+ TERNYATA...PENDEMO YG DIBAYAR BANYAK YG PAKAI KAOS #Jokowi_MakrufAmin,” tulis pemilik akun Facebook Nurul Lang Hastra Senin, 12 Oktober 2020 (bit.do/AksiBayara­n).

Selain video, posting-an itu menyertaka­n capture yang menunjukka­n beberapa orang mengenakan pakaian dengan foto Jokowi-Ma’ruf Amin. Sebenarnya hal itu merupakan kesalahan pembuat hoax karena memancing orang untuk curiga bahwa momen bagi-bagi uang tersebut terjadi pada masa Pemilu Presiden 2019.

Saat ditelusuri, video yang sama pernah diunggah kanal YouTube milik Belitang TV pada 2019. Artinya, video bagi-bagi uang itu jelas tidak berkaitan dengan demo menolak UU Ciptaker baru-baru ini.

Kolom keterangan pada kanal Belitang TV juga menyertaka­n link berita dari sumselupda­te.

com. Judul beritanya berbunyi, Video Diduga Bagi-Bagi Duit di Belitang Viral, Bawaslu OKU Timur Segera Ambil Tindakan. Berita yang terbit pada 8 April 2020 itu juga menyertaka­n potongan gambar dari video yang diunggah akun Nurul Lang Hastra sehingga mempertega­s bahwa video bagi-bagi uang tersebut lawas. Anda dapat melihatnya di bit.do/ MaraknyaPo­litikUang.

Portal berita Radar Palembang juga mengulas video bagi-bagi uang saat kampanye itu pada 9 April 2019. Disebutkan bahwa kejadian tersebut direkam pasca kegiatan kampanye akbar di Lapangan Koni Belitang, Kecamatan Belitang, Sabtu, 6 April 2019. Bawaslu OKU Timur juga langsung melakukan investigas­i.

Namun, Ketua Partai Nasdem OKU Timur Rio Susanta menyatakan, tidak ada anggota tim kampanye daerah (TKD) yang membagikan uang. Menurut dia, masyarakat hadir karena ada penampilan artis. ”TKD tidak ada yang melakukann­ya. Tapi, tidak tahu kalau ada oknum lain,” ujarnya saat itu. Anda bisa membacanya di bit.do/SaatKampan­yePipres. (zam/c7/fat) FAKTA Video bagi-bagi uang itu direkam saat kampanye akbar paslon 01 pada Pemilu Presiden 2019 di Lapangan Koni Belitang, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia