Jawa Pos

Gelar untuk Kobe

-

ORLANDO, Jawa Pos – Saat menandatan­gani kontrak dengan Los Angeles Lakers pada 9 Juli 2018, LeBron James berjanji mengembali­kan Lakers ke posisi asli mereka. Yakni, tim juara.

Pada tahun pertama, LeBron memang gagal merealisas­ikan janjinya. Lakers bahkan gagal lolos playoff untuk kali keenam berturut-turut. Namun, tahun ini, setelah melewati musim NBA terpanjang selama 355 hari, dia akhirnya berhasil memenuhi janjinya.

Lakers meraih gelar NBA ke-17 mereka sepanjang sejarah franchise tersebut. Kemarin mereka menumbangk­an Miami Heat 106-93 di game keenam. Hasil itu membuat Lakers berhak menggondol trofi Larry O’Brien setelah melumat Heat 4-2.

”Saat kali pertama datang ke sini, aku sudah bilang ke Jeanie (Jeanie Buss, owner Lakers), ’Aku akan mengembali­kan tim ini ke posisinya yang terhormat,’” ujar LeBron dilansir Los Angeles Times.

”Kami ingin kehormatan itu kembali. Rob (Rob Pelinka,

general manager Lakers) inginkan itu, Coach (Frank) Vogel inginkan itu, seluruh keluarga besar tim ini inginkan itu. Aku pun inginkan kehormatan itu,” tambah LeBron.

Sebanyak 17 trofi yang dikumpulka­n Lakers tersebut membuat tim itu tercatat sebagai pengumpul gelar juara terbanyak dalam sejarah NBA bersama Boston Celtics. Lakers kali terakhir menjadi kampiun pada 2010. Tepat satu dekade silam.

Penantian yang lumayan lama tersebut sempat membuat fans Lakers ragu. Apakah tim kesayangan mereka bisa kembali mengangkat trofi juara? Pertanyaan itu akhirnya dijawab lunas tahun ini.

Kunci kembalinya kejayaan Lakers bukan hanya dari kesuksesan mereka mendatangk­an LeBron. Awal musim ini mereka juga berhasil mendapat tangkapan besar. Yaitu, center kelas wahid Anthony Davis. Dia yang akhirnya bisa menjadi tandem maut untuk King James, julukan LeBron.

Gelar tersebut menjadi trofi juara pertama Davis sepanjang karir. Untuk kali pertama, dia tampil di partai puncak NBA. Pemain 27 tahun itu menyatakan bahwa gelar tersebut dipersemba­hkan Lakers untuk mendiang legenda Lakers Kobe Bryant.

”Aku tahu dia (Kobe Bryant) saat ini melihat kami dan bangga dengan tim ini,” ucap Davis. ”Semua yang kami lakukan ini untuk dia. Kami tidak mau membuatnya kecewa,” lanjut mantan pemain New Orleans Pelicans tersebut.

Bagi LeBron, inilah gelar juara keempatnya sepanjang karir. Tiga gelar sebelumnya dia dapat bersama Miami Heat (dua kali) dan Cleveland Cavaliers (satu kali). Torehan itu juga membuatnya menjadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang sanggup juara dengan tiga tim berbeda. Makin sempurna karena LeBron kali ini ditahbiska­n menjadi MVP Finals. Untuk kali keempat, dia mendapatka­n titel individu tersebut.

 ?? BRANDON BELL/AFP PHOTO ?? AKHIR PENANTIAN: Fans Los Angeles Lakers berpesta di depan layar raksasa untuk merayakan gelar juara yang diraih Lakers.
BRANDON BELL/AFP PHOTO AKHIR PENANTIAN: Fans Los Angeles Lakers berpesta di depan layar raksasa untuk merayakan gelar juara yang diraih Lakers.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia