Jawa Pos

Berkreasi di Tengah Pandemi

Padi Reborn Ajak Patuhi 3M Lewat Lagu

-

PANDEMI Covid-19 tidak menghalang­i masyarakat untuk menghasilk­an karya. Meski ruang gerak dibatasi oleh protokol kesehatan yang tidak boleh berkerumun, masyarakat tidak berhenti berkreasi. Mereka terus berinovasi sehingga tetap bisa berkarya di tengah pandemi.

Salah satunya grup band Padi Reborn yang membuat lagu pendek mengenai perlawanan terhadap Covid-19. Padi Reborn mengangkat peran ibu sebagai tokoh penting dalam upaya penerapan protokol kesehatan, terutama di dalam keluarga. Lagu tersebut mengajak masyarakat untuk melakukan 3M. Yakni, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak atau menghindar­i kerumunan.

Ketua Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sonny Harmadi mengatakan, grup band Padi berinisiat­if membuat lagu pendek karena kepedulian mereka atas kondisi saat ini. Terutama setelah melihat masih banyaknya warga yang kurang patuh terhadap protokol kesehatan.

’’Padi menghubung­i saya untuk menyumbang­kan karya. Saya mendukung inisiatif teman-teman Padi untuk membuat lagu. Sebelumnya, Padi konsultasi lirik dulu. Pokoknya, buat lagu sesimpel mungkin dengan lirik yang to the point tanpa mengulangu­lang sehingga pesannya mudah dimengerti,” ucap Sony.

Piyu, gitaris Padi Reborn, mengungkap­kan bahwa akibat pandemi Covid-19, para artis dan musisi sejak Maret stop melakukan kegiatan outdoor maupun indoor. Bukan hanya musisi yang terkena dampaknya, tapi juga kru produksi, sound engineer, dan tim lapangan. Karena itu, pihaknya ingin pandemi ini cepat berlalu.

’’Lalu, kami inisiatif buat lagu pendek. Kami sampaikan ke satgas dan langsung bergerak cepat. Buat lagu semalaman saya kerjakan, besoknya rekaman, dan disampaika­n,” ucap pria yang bernama lengkap Satriyo Yudi Wahono itu.

Jingle resmi perlawanan terhadap Covid-19 itu diberi judul Ingat Pesan Ibu dengan durasi 30 detik. ’’Lagu Ingat Pesan Ibu ini kami harap bisa menjadi bentuk edukasi yang mudah diterima dan mengubah perilaku masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan,’’ ungkap Piyu.

Sosok ibu memang menjadi inspirasi para personel Padi Reborn ketika proses menulis lagu. ’’Karena karakter ibu adalah seorang yang benar-benar kita dengarkan, yang doanya tembus hingga langit ketujuh. Semua kemuliaank­emuliaan itu ada di ibu. Ibu itu pasti selalu ingin keluargany­a sehat dan doanya pasti terkabul,’’ ujar Fadly, vokalis Padi Reborn.

 ?? MOHAMAD ALI/JAWAPOS ?? PESAN IBU: Grup band Padi Reborn dan Satgas Penanganan Covid-19 membuat lagu pendek untuk mengajak masyarakat melaksanak­an protokol kesehatan.
MOHAMAD ALI/JAWAPOS PESAN IBU: Grup band Padi Reborn dan Satgas Penanganan Covid-19 membuat lagu pendek untuk mengajak masyarakat melaksanak­an protokol kesehatan.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia