Jawa Pos

Langsung Seduh setelah Kemasan Dibuka

-

SURABAYA, Jawa Pos − Makin banyak waktu di rumah, makin banyak pula penggemar kopi yang ingin mengolah kopi sendiri. Selain menjajal hobi baru, mereka juga merasa lebih santai ngopi di rumah. Whisnu Prabowo, store manager Starbucks Ciputra World Surabaya, berbagi tip how to brew at home.

Menurut Whisnu, ada empat hal yang mesti diperhatik­an penikmat kopi. Pertama, penggunaan air untuk pembuatan kopi. ”Gunakan air yang tidak punya rasa. Karena akan memengaruh­i rasa kopinya,” ucapnya. Air yang digunakan biasanya punya suhu berkisar 90−96 derajat Celsius.

Kedua, proporsi. Dalam brewing, semua bahan harus ditakar dengan pas. Whisnu memberikan contoh brewing dengan metode coffee press. Dengan alat french press, Whisnu memasukkan 30 gram kopi kasar dan 540 mililiter air panas. ”Jadi, kita pakai perbanding­an 1:18. Untuk 10 gram kopi, pakai 180 mililiter air,” tegasnya.

Beda lagi metode over pur atau drip.

Whisnu menggunaka­n perbanding­an 1:15. Perbanding­an tersebut juga tak berbeda jika dicampur dengan es. Pria berkacamat­a itu mencontohk­an pembuatan es kopi Kenya. Dia menyiapkan 15 gram bubuk kopi dengan karakteris­tik medium. ”Nah kalau mau panas, kan butuh 225 mililiter air. Kalau dengan es, dibuat 100 gram es dan 125 mililiter air,” jelasnya.

Cara air disiramkan ke dalam alat juga harus memutar. Bukan dituang pada satu titik. Tujuannya, kopi terkena air seluruhnya. ”Merata basahnya, makanya pelan-pelan dan sirkular,” tegasnya.

Yang juga perlu diperhatik­an adalah karakter bubuk kopi. Hal itu disesuaika­n dengan alat yang digunakan. Untuk french press, kopi dibuat dengan tekanan. Karena itu, bubuk kopi yang masih kasarlah yang digunakan. ”Kalau over pour, ini kan sudah ada filter. Jadi, bisa pakai yang tidak kasar, tidak halus juga. Medium,” paparnya.

Terakhir adalah kesegaran kopi. Whisnu menyayangk­an banyaknya penikmat kopi yang tidak segera mengonsums­i kopinya saat di rumah. Kopi paling fresh jika dikonsumsi paling lama 20 menit setelah di-brew. ”Nah kalau sudah dibuka kemasannya, itu paling enak diproses dalam waktu 24 jam,” imbuhnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? BERBAGI TIP: Whisnu menunjukka­n cara membuat kopi kemarin.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS BERBAGI TIP: Whisnu menunjukka­n cara membuat kopi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia