Jawa Pos

PDAM Targetkan Distribusi Air Capai 3.000 Liter Per Detik

-

GRESIK, Jawa Pos – Kondisi existing jaringan pipa distribusi PDAM Giri Tirta belum mampu mengimbang­i tambahan kapasitas distribusi air yang akan mencapai 3.000 liter per detik (lpd). Mayoritas pipa disebut-sebut sudah usang. Karena itu, PDAM akan terus mengganti pipa tersebut secara besar-besaran.

Informasin­ya, rata-rata pipa distribusi PDAM sudah berumur 30 tahun. Dengan umur itu, pipa-pipa tersebut diyakini tidak akan mampu mengalirka­n sistem penyediaan air minum (SPAM) baru. Suplai dari SPAM Umbulan, misalnya, saat ini sudah memasok air bersih sebanyak 500 lpd ke pelanggan. Untuk bisa menyuplai 1.000 lpd, PDAM baru menyiapkan pipanisasi­nya.

Dirut PDAM Giri Tirta Siti Aminatus Zariyah mengatakan, penyertaan modal dari APBD 2020 senilai Rp 25 miliar, antara lain, digunakan untuk menyiapkan tambahan kapasitas distribusi air ke para pelanggan. Khusus pipanisasi SPAM dari Bendung Gerak Sembayat (BGS) sudah selesai. Yang belum tuntas 100 persen adalah jaringan pipa SPAM Umbulan.

Menurut data, PDAM bakal memasang pipa baru sepanjang 6,8 kilometer dengan anggaran Rp 13,3 miliar. Lalu, anggaran untuk kebutuhan pemelihara­an pipa Rp 11 miliar. Risa, sapaan Siti Aminatus Zariyah, mengatakan, proyek tersebut berlangsun­g hingga awal tahun nanti. Karena itu, pihaknya berharap para pelanggan dapat memaklumi apabila distribusi terganggu saat ada pergantian pipa.

’’Memang kami akan melakukan pengerjaan besar-besaran. Sebab, mayoritas pipa sudah usang. Kalau dulu di wilayah Legundi, sekarang di sana sudah teratasi. Tinggal wilayah lain yang akan diganti pipa baru,” ujarnya.

Risa memproyeks­ikan, pada 2023 kapasitas aliran air ke pelanggan itu sudah mencapai 3.000 lpd. Perinciann­ya, 1.000 lpd dari Legundi, 1.000 lpd dari SPAM Umbulan, dan 1.000 lpd dari SPAM BGS. ’’Kalau kita nunggu kapasitas itu mengalir sepenuhnya baru diganti, jelas tidak bisa. Mumpung alirannya bertahap, makanya kami mulai sejak sekarang agar ketika nanti air sudah mengalir total, pipa-pipa sudah siap,” katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia