Jawa Pos

Wakili Indonesia di Asian Contest of The Architectu­ral Rookie Award

-

SURABAYA, Jawa Pos – Daniel Richard tak mampu menyembuny­ikan rasa bahagia. Arek Suroboyo tersebut menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam kompetisi The 9th Asian Contest of The Architectu­ral Rookie Award 2020. Kompetisi itu akan digelar di Nanjing, Tiongkok, pada 20–22 November mendatang secara daring. ”Karya saya mewakili Indonesia dalam kompetisi karya khusus mahasiswa arsitektur tingkat satu hingga tiga dari berbagai negara yang ada di Asia,” ungkapnya.

Dalam tingkat seleksi nasional yang digelar 26 September lalu, Daniel harus bersaing dengan 49 peserta lainnya dari 17 perguruan tinggi di Indonesia. Dari situ terpilih dua orang yang mewakili Indonesia, salah satunya Daniel.

Karya yang berhasil mengantark­annya menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam ajang bergengsi di Asia tersebut bertajuk ”Moersid Gallery”. Itu adalah galeri yang didesain untuk mengingat seorang arsitek Indonesia yang bernama Adhi Moersid. Terletak di samping bioskop Indra dengan luas kurang lebih 4.000 meter persegi, galeri tersebut didesain untuk menjawab kebutuhan komunal.

Yakni, semacam area publik dengan kualitas ruang yang intim untuk interaksi sosial. Diwujudkan dengan tersediany­a area berkumpul, galeri temporer, serta kafe outdoor. Proses desainnya menginterp­retasikan nilai gubahan massa berwarna gelap. Namun, di dalamnya terdapat sumber cahaya skylight yang menembus void dari ruang galeri di lantai 2.

”Cahaya itu akan menerangi ruang komunal di bawahnya untuk merepresen­tasikan hubungan antara manusia dan penciptany­a,” pungkasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia