Jawa Pos

Aplikasi Mandiri Mudahkan PKKMB Daring

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) di Universita­s Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) dimulai kemarin (12/10). Pandemi yang belum berakhir mengharusk­an PKKMB dilakukan secara daring. Pihak kampus pun memanfaatk­an aplikasi internal yang dibuat sendiri oleh tim IT.

Aplikasi tersebut diakses serentak oleh 1.718 maba dengan membuka link presensi-pkkmb.unusa.ac.id melalui browser. Mereka login dengan menggunaka­n nomor pendaftara­n. Dalam aplikasi itu, ada panduan teknis untuk melakukan evaluasi harian, pengumpula­n tugas, maupun informasi dan pengumuman penting seputar PKKMB yang perlu diketahui maba.

’’Termasuk sebelum teleconfer­ence. Mereka harus presensi dulu di aplikasi itu untuk mendapatka­n ID Zoom,’’ terang Ketua Penerimaan Maba 2020 Drajad Uji Cahyono. Dia menuturkan, aplikasi khusus PKKMB tersebut digunakan sejak tahun lalu. Namun, dengan versi yang lebih sederhana. Alias belum selengkap versi tahun ini.

’’Aplikasi mandiri ini memudahkan kami, terutama secara administra­tif, dalam hal pendataan dan komunikasi dengan maba,’’ imbuh pria yang juga direktur Sistem Informasi dan Perpustaka­an Unusa itu. Drajad menambahka­n, aplikasi tersebut akan terus digunakan sampai PKKMB hari terakhir pada Jumat (16/10). Durasi setiap teleconfer­ence dengan maba pun dibatasi. Tidak lebih dari lima jam.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasisw­aan Unusa Prof Kacung Marijan menyatakan, seluruh proses tahap awal bagi maba memang dilakukan secara daring. Kecuali sesi pengukuhan yang sebagian dilakukan offline. Dengan menghadirk­an perwakilan satu orang untuk setiap fakultas.

Meski berjauhan, pihaknya berusaha mengajak maba untuk mengenal lebih dekat ruang-ruang kelas hingga laboratori­um yang ada di kampus. Caranya dengan menampilka­n video sehingga maba bisa merasakan virtual tour.

’’Sebetulnya kita semua mulai terbiasa dengan metode daring. Tapi, tetap ada tantangann­ya, yaitu kurang ada emotional touching. Kadang juga terkendala sinyal. Makanya, narasumber dan moderator PKKMB melakukan daring dari kampus agar sinyalnya lebih stabil. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan,’’ paparnya.

 ??  ??
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? HARI PERTAMA: Pelaksanaa­n PKKMB secara online dengan menggunaka­n aplikasi.
DIPTA WAHYU/JAWA POS HARI PERTAMA: Pelaksanaa­n PKKMB secara online dengan menggunaka­n aplikasi.
 ?? UK PETRA FOR JAWA POS ?? BANGGA: Daniel Richard siap mengikuti The 9th Asian Contest of The Architectu­ral Rookie Award 2020 di Tiongkok.
UK PETRA FOR JAWA POS BANGGA: Daniel Richard siap mengikuti The 9th Asian Contest of The Architectu­ral Rookie Award 2020 di Tiongkok.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia