Jawa Pos

Masih Direnovasi, Kantor KUA Kontrak

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Masih ada gedung Kantor Urusan Agama (KUA) yang berstatus pinjam pakai. Bahkan, ada lembaga yang bertugas menikahkan warga itu yang masih mengontrok. Hingga kemarin (12/10), gedung asli masih direnovasi.

Gedung KUA yang masih diperbaiki sampai saat ini berada di wilayah Buduran. Gedung yang bersebelah­an dengan sekolah madrasah itu masih dalam pengerjaan sehingga belum dapat digunakan.

Sudah lama gedung tersebut tidak digunakan. Sejak pertengaha­n tahun lalu tidak ditempati. Ada beberapa bagian gedung yang lapuk sehingga membahayak­an petugas dan warga jika tetap digunakan.

Hingga akhirnya, pihak KUA pindah tempat. Mengontrak di salah satu rumah warga di Pandean, Desa Banjarkema­ntren. Tapi, saat ini rumah tersebut tidak digunakan lagi.

Kantor KUA sudah berpindah tempat. Saat ini, mereka melayani warga di kantor sementara yang baru. ”Kontrak di tempat area Masjid Banjarkema­ntren,” kata Kasi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) Kemenag Sidoarjo Khoidar.

Di tempat tersebut, masyarakat mendapat layanan seperti dulu. Kemarin pun ada warga yang datang ke kantor sementara itu. Mereka mengambil berkas yang berhubunga­n dengan kewenangan KUA. Sejak pagi, kantor yang berada di kompleks masjid tersebut sudah buka.

Menurut Khoidar, pembanguna­n gedung KUA itu ditarget selesai akhir tahun ini. Tahun depan, layanan bisa kembali ke gedung tersebut. Salah satu fokus perbaikan adalah meninggika­n gedung.

”Perlu ditinggika­n agar tidak terkena banjir saat hujan lebat,” lanjut dia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia