Jawa Pos

31 Ribu Panitia Pilkada Cek Kesehatan

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Sesuai dengan prediksi, pemeriksaa­n kesehatan bagi panitia yang terlibat dalam pilkada kemarin (12/10) membeludak. Pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dipenuhi warga yang mengikuti cek kesehatan.

Total, ada 31 ribu orang yang terdaftar sebagai peserta. Mereka terdiri atas 24 ribu panitia pemungutan suara (PPS) dan 7.000 tim pendukung lain dalam tahap pemungutan. Misalnya, tim perlindung­an masyarakat (linmas) yang bertugas mengamanka­n jalannya pemilihan.

Salah satu puskesmas yang paling banyak dituju panitia pilkada adalah Puskesmas Buduran. Lebih dari 160 orang menjalani pemeriksaa­n kesehatan. Sejak pagi, mereka antre untuk diperiksa.

Peserta harus sabar melalui tahap pemeriksaa­n saat menunggu giliran karena banyak peserta. Pemeriksaa­n harus dilakukan secara bergantian lantaran jumlah petugas terbatas.

Pemeriksaa­n pertama untuk para peserta adalah berat dan tinggi badan. Dilanjutka­n dengan pengukuran suhu badan dan saturasi oksigen dalam darah. Para peserta juga ditanya tentang ada tidaknya gangguan di mata. Misalnya, memakai kacamata atau tidak.

Proses selanjutny­a yang harus dilalui peserta adalah pemeriksaa­n dokter. Banyaknya peserta yang harus diperiksa membuat Kepala Puskesmas Buduran Yoppy Agung Prijambodo ikut turun tangan. Dia langsung memeriksa para warga. ”Diperiksa parunya, ada keluhan sesak napas atau tidak dan detak jantung,” katanya.

Yoppy menyatakan, setiap hari bakal ada sekitar seratus orang yang memeriksak­an diri di puskesmas. Jumlah peserta yang terdaftar untuk menjalani cek kesehatan di kecamatan tersebut mencapai 1.128 orang.

Salah seorang peserta, Emi E., menuturkan bahwa pemeriksaa­n kesehatan yang dilakukan cukup cepat. Namun, dia harus bersabar antre dan menunggu giliran. ”Dari hasil tes saturasi oksigen dan lainnya, tidak ada masalah,” ucapnya setelah diperiksa.

 ?? MAYA APRILIANI/JAWA POS ?? ANTRE: Panitia pemungutan suara (PPS) menjalani pemeriksaa­n kesehatan di 26 puskesmas sebagai syarat dalam pelaksanaa­n pilkada.
MAYA APRILIANI/JAWA POS ANTRE: Panitia pemungutan suara (PPS) menjalani pemeriksaa­n kesehatan di 26 puskesmas sebagai syarat dalam pelaksanaa­n pilkada.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia