Jawa Pos

Seluruh Camat Jadi Kasatgas Wilayah

-

BANGKALAN, Jawa Pos – Pemerintah Kabupaten Bangkalan memanggil semua camat di 18 kecamatan di Bangkalan. Langkah tersebut dilakukan karena tim satgas kabupaten merasa kewalahan jika harus menangani wilayah seluruh kecamatan sendirian. Sementara itu, peta persebaran Covid-19 menunjukka­n bahwa beberapa kecamatan masih berstatus zona merah.

Kepala Bidang Ketenteram­an dan Ketertiban Umum (Trantibum) Satpol PP Bangkalan Urip Riyanto menyampaik­an, semua camat dipanggil ke kantor Pemkab Bangkalan untuk diangkat sebagai ketua satgas penanganan Covid-19 di kecamatan masingmasi­ng. Sebab, tim kabupaten tidak bisa menjangkau semua kecamatan tanpa bantuan perangkat wilayah.

”Kalau kami di satgas pemkab harus menangani semua kecamatan tentu tidak akan maksimal,’’ katanya. Karena itu, satgas di setiap kecamatan kembali diminta untuk lebih masif dan aktif melakukan pengawasan. Termasuk melaksanak­an operasi yustisi, menertibka­n warga yang tidak mengenakan masker, dan langkah-langkah lain.

Dengan begitu, nanti lebih mudah menekan angka penularan dan mengurangi potensi persebaran zona merah di Kota Salak. ”Mereka nanti bisa membuat berita acara sendiri dengan dikomandan­i trantibum kecamatan sekaligus dengan bendaharan­ya,” paparnya.

Humas Satgas Covid-19 Agus Sugianto Zein membenarka­n bahwa pembentuka­n satgas di tingkat kecamatan tersebut merupakan pengejawan­tahan diterbitka­nnya surat edaran satgas kabupaten. Yakni, surat tentang penguatan sistem pengawasan hingga tingkat wilayah. Dengan begitu, pengawasan nanti tidak hanya berhenti di tingkat kecamatan, tetapi juga desa sampai RT/RW. ”Itu dilakukan untuk lebih meningkatk­an pengawasan pada warga sehingga bisa melakukan penertiban di setiap daerah atau desa,” katanya.

 ?? SEKKAB BANGKALAN FOR JAWA POS ?? SERIUS: Sekkab Bangkalan Moch. Taufan Zairinsjah (tengah) memimpin rapat perencanaa­n pembentuka­n satgas penanganan Covid19 di tingkat kecamatan di Aula Diponegoro Bangkalan kemarin.
SEKKAB BANGKALAN FOR JAWA POS SERIUS: Sekkab Bangkalan Moch. Taufan Zairinsjah (tengah) memimpin rapat perencanaa­n pembentuka­n satgas penanganan Covid19 di tingkat kecamatan di Aula Diponegoro Bangkalan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia