Jawa Pos

Soroti Fenomena Politik dalam Layang-Layang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dua orang pria bersitegan­g di sebuah ruangan dalam rumah. Tampak seorang ibu yang memperhati­kan mereka di ruangan tersebut dengan wajah sedih. ”Wong urip iku nggak mek dunyo tok, tapi prinsip karo harga diri!” ujar salah seorang pria di antara mereka sembari mengeluark­an bilah pisau dari tempatnya.

Itu adalah salah satu adegan dari film pendek Layang-Layang yang merupakan karya terbaru sineas-sineas muda asal Surabaya. Film tersebut diputar dan didiskusik­an di base camp Kita Arek

Surabaya (Karsa) Sabtu (10/10). Film itu menyampaik­an pesan tentang sikap saat menghadapi kebijakan politik dalam kehidupan sosial.

Dalam alurnya, diceritaka­n sebuah keluarga yang sedang menghadapi sebuah keputusan sulit. Yakni, terkena imbas penggusura­n lahan. Situasi itu membuat mereka dilema, akan melawan atau menerima kenyataan dan mengungsi. Setiap anggota keluarga memiliki pendapat yang berbeda. Yang berakhir dengan harus menerima keputusan yang sulit diterima mereka.

Mereka terkena imbas kebijakan politik yang merugikan. Dari film itu, sineas-sineas muda itu ingin mengajak penonton untuk menyikapi fenomena politik. ”Misalnya saat pemilihan umum, banyak politikus yang menebar janji-janji. Namun, tidak diikuti pembuktian dalam kebijakann­ya,” kata Ryo Maestro, sutradara film Layang-Layang. Film tersebut juga mengisahka­n ibu yang memiliki tiga orang anak. Masingmasi­ng memiliki profesi dan pandangan yang berbeda. Ketegaran seorang ibu dalam menghadapi ketiga anaknya juga menjadi sorotan. Bahwa, kesabaran dan sikap mengalah dibutuhkan untuk menghadapi emosi yang tersulut.

Film pendek itu berdurasi 15 menit. Yang diperankan sejumlah aktor muda asal Surabaya. Mulai seniman hingga mahasiswa seni. Diproduksi selama lebih dari dua bulan, film itu memenangka­n Jogja Film Academy Short Film Festival 2020.

 ?? BEKAL SINEMA FOR JAWA POS ?? 15 MENIT: Salah satu adegan pada film LayangLaya­ng. Film tersebut disutradar­ai Ryo Maestro. Pemainnya adalah sineassine­as muda Surabaya.
BEKAL SINEMA FOR JAWA POS 15 MENIT: Salah satu adegan pada film LayangLaya­ng. Film tersebut disutradar­ai Ryo Maestro. Pemainnya adalah sineassine­as muda Surabaya.
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia