Jawa Pos

Sediakan Spot Foto di Mangrove Wonorejo untuk Tarik Pengunjung

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tempat wisata alternatif di Surabaya mulai bangkit. Misalnya, yang tampak di gazebo muara Ekowisata Mangrove Wonorejo. Pengelola menambah berbagai spot foto unik untuk menarik pengunjung.

Wisata perahu di Ekowisata Mangrove Wonorejo menjadi salah satu alternatif warga Surabaya

untuk menghabisk­an akhir pekan. Cukup membayar Rp 25 ribu, pengunjung akan diajak menyusuri sungai menuju sebuah kompleks gazebo di muara sungai.

Di sana pengunjung bisa menikmati berjalan di tengah rimbunnya hutan bakau dan jembatan kayu yang dihiasi dekorasi unik

J

Pengunjung dapat berfoto dan menikmati momen seru.

Sejak tempat itu kembali dibuka pada akhir Juni, jumlah kunjungan mengalami kenaikan meski tidak sebanyak saat kondisi normal. ”Jumlah pengunjung saat ini baru 60 persen dari kondisi normal,” terang Nurul, salah seorang petugas operasiona­l dermaga perahu.

Dia mengungkap­kan, pengunjung yang datang juga masih berasal dari Surabaya. Belum banyak pengunjung dari luar kota. Meski begitu, pihaknya tetap berupaya memberikan sesuatu yang berbeda bagi pengunjung. Salah satunya adalah menambah spot foto di sana. ”Ada jembatan yang kami hias dengan bambu yang disusun seperti bintang sehingga seperti lorong bintang. Banyak yang suka foto di sana,” kata Nurul.

Misalnya, yang diungkapka­n salah seorang pengunjung, Nur Amani. Dia baru kali pertama datang ke muara. ”Ternyata tidak kalah bagus dengan yang di Gunung Anyar.

Banyak tempat fotonya,” ucap remaja asal Gubeng tersebut.

Nurul berharap makin banyak pengunjung yang datang. Pihaknya menjamin protokol kesehatan diterapkan dengan ketat. ”Kapasitas perahu kami batasi hingga separo,” jelasnya.

Dia menyebutka­n, ada tiga perahu yang dioperasik­an di sana. Masing-masing berkapasit­as 12, 20, dan 40 orang. ”Duduknya tidak boleh dempet. Harus pinggir-pinggir,” tuturnya.

Sebelum naik, suhu tubuh pengunjung dicek petugas. Kemudian, kebersihan perahu juga menjadi perhatian. Perahu disemprot disinfekta­n tiga kali sehari. Yakni, saat pagi, siang, dan sore.

Kasitranti­b Kecamatan Rungkut Sujari menegaskan, operasi patuh masker juga sering diadakan di lokasi tersebut untuk memastikan bahwa pengunjung tetap disiplin. ”Dari pantauan kami, sudah tertib di sana,” tegasnya.

Sujari menyebut pengoperas­ian perahu juga sudah bagus. Petugas rutin membersihk­an jaket dan tempat duduk agar lebih aman.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? KONSTRUKSI BAMBU: Spot-spot foto didirikan di berbagai sudut Ekowisata Mangrove Wonorejo. Dengan begitu, pengunjung bisa mengabadik­an momen.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS KONSTRUKSI BAMBU: Spot-spot foto didirikan di berbagai sudut Ekowisata Mangrove Wonorejo. Dengan begitu, pengunjung bisa mengabadik­an momen.
 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? WISATA ALAM: Pengelola menambah spot foto di Ekowisata Mangrove Wonorejo agar lebih menarik pengunjung.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS WISATA ALAM: Pengelola menambah spot foto di Ekowisata Mangrove Wonorejo agar lebih menarik pengunjung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia