Jawa Pos

Dorong Mobil Baru Bebas Pajak

Penjualan Wholesales Mulai Tumbuh

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pemerintah terus berusaha merealisas­ikan pembebasan pajak untuk mobil baru. Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transporta­si, dan Elektronik­a Kementeria­n Perindustr­ian (Kemenperin) Taufiek Bawazier menganggap kebijakan itu bisa mempercepa­t pemulihan ekonomi. Khususnya pada sektor industri otomotif.

Taufiek menyebutka­n, Menteri Perindustr­ian Agus Gumiwang telah berkirim surat kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian terkait rencana itu. ’’Mudahmudah­an mendapat respons yang baik sehingga kami sebagai pembina sektor bisa menggerakk­an otomotif dengan lebih baik,’’ ujarnya dalam diskusi bersama Bappenas kemarin (14/10).

Usul pembebasan pajak daerah itu meliputi bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), pajak kendaraan bermotor (PKB), serta pajak progresif pada kepemilika­n mobil kedua dan seterusnya. Menurut Taufik, pembebasan BBNKB, PKB, dan pajak progresif akan membuat harga mobil baru lebih terjangkau. Kebijakan tersebut juga meningkatk­an daya saing mobil produksi dalam negeri.

’’Membangkit­kan demand menjadi syarat utama, sehingga kelas menengah tidak menaruh uang mereka di bank,’’ ucapnya. Relaksasi insentif otomotif bakal meningkatk­an permintaan. Dengan demikian, utilisasi industri itu akan tumbuh.

Di sisi lain, penjualan kendaraan roda empat membaik setelah mencapai kondisi terendah Mei lalu. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) mencatat, penjualan dari pabrik ke diler atau wholesales pada September 2020 mencapai 48.554 unit. Jumlah itu tumbuh positif sebesar 30,3 persen jika dibandingk­an dengan kinerja penjualan Agustus lalu.

Mengiringi penjualan wholesales, penjualan dari diler ke konsumen (retail sales) juga tumbuh. Gaikindo mencatat, ada 43.363 kendaraan yang terjual sepanjang September 2020. Volume penjualan tersebut naik 15,2 persen jika dibandingk­an dengan volume penjualan ritel pada Agustus yang tercatat 37.655 unit.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia