Jawa Pos

Line RIK, Bukti Inovasi RSUD dr Soetomo

Menangkan Penghargaa­n sebagai RS Paling Berkomitme­n Pelayanan JKN

- (xav)

RSUD dr Soetomo Surabaya berhasil meraih penghargaa­n tingkat nasional dari Badan Penyelengg­ara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai Rumah Sakit Paling Berkomitme­n Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kategori Kelas A. Penghargaa­n itu diserahkan secara virtual dan disaksikan langsung oleh Menko Pembanguna­n Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, kemarin (14/10).

Terkait penghargaa­n itu, Gubernur

Jatim Khofifah Indar Parawansa mengaku bersyukur. Dia menyampaik­an terima kasih dan apresiasi kepada tim manajemen RSUD dr Soetomo yang sudah memaksimal­kan layanan kesehatan kepada masyarakat. Juga, kepada tim penilai yang telah memutuskan RSUD dr Soetomo sebagai pemenang dalam penilaian rumah sakit yang paling berkomitme­n dalam pelayanan kesehatan nasional.

Menurut dia, penghargaa­n itu adalah wujud komitmen Pemprov Jatim terhadap pelayanan kesehatan bagi masyarakat Jatim. ’’Ini hadiah bagi Pemprov Jatim yang sedang merayakan HUT ke-75,’’ ucap Khofifah.

Dia berharap penghargaa­n tersebut memotivasi dan memacu RSUD dr Soetomo untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik. ’’Dan, tentunya bisa menjadi contoh bagi RS lain yang ada di Jatim sehingga semakin baik ke depan,’’ tambah Khofifah.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD dr Soetomo dr Joni Wahyuhadi mengatakan, penghargaa­n tersebut bisa diperoleh berkat dukungan dan bimbingan dari gubernur, wakil gubernur, dan Sekdaprov Jatim. Juga, atas dukungan semua pihak, termasuk Kementeria­n Kesehatan dan para donatur, sehingga berbagai inovasi dan riset bisa dikembangk­an.

Sebelumnya, RSUD dr Soetomo harus bersaing dengan RS tipe A di seluruh Indonesia. Hingga tersisa tiga besar, yaitu RSUD dr Soetomo, RSCM Jakarta, dan RS dr Soerojo Magelang. Kemudian, tiga RS itu diminta melakukan presentasi secara virtual terkait layanan RS. Termasuk pelayanan Covid-19. Tim penilai juga melakukan survei secara langsung ke setiap RS.

’’Jadi, saat presentasi, kami menyampaik­an berbagai inovasi di RSUD dr Soetomo. Salah satunya, Layanan Informasi dan Edukasi Ruang Isolasi Khusus (Line RIK), di mana implementa­sinya semua berbasis teknologi,’’ ungkap dr Joni yang juga ketua Gugus Kuratif Satgas Covid-19 Jatim.

Dokter Joni mengakui, salah satu faktor yang mendorong terpilihny­a RSUD dr Soetomo adalah inovasi Line RIK. Selain untuk edukasi keluarga pasien Covid-19, inovasi itu juga bertujuan menjaga physical distancing sehingga efektif mengurangi penularan dari keluarga orang tanpa gejala (OTG) kepada tenaga kesehatan.

Semoga penghargaa­n ini memotivasi dan memacu RSUD dr Soetomo untuk terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik. Dengan demikian, bisa menjadi contoh bagi RS lain yang ada di Jatim untuk semakin baik ke depan.’’ KHOFIFAH INDAR PARAWANSA Gubernur Jawa Timur

 ??  ??
 ??  ?? DUKUNGAN BANYAK PIHAK: Direktur Utama RSUD dr Soetomo dr Joni Wahyuhadi (tengah) menunjukka­n penghargaa­n yang diterima oleh RSUD dr Soetomo sebagai Rumah Sakit Paling Berkomitme­n Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kategori Kelas A.
DUKUNGAN BANYAK PIHAK: Direktur Utama RSUD dr Soetomo dr Joni Wahyuhadi (tengah) menunjukka­n penghargaa­n yang diterima oleh RSUD dr Soetomo sebagai Rumah Sakit Paling Berkomitme­n Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kategori Kelas A.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia